Diposkan pada life

Ibu Galak

Rayqal kan udah 10 bulan saat ini jadi sekitar 4 bulanan udah mulai makan. Tapi apakah berjalan lancar? Ngga fergusooo…tidaaakkhh.

Orang lain liatnya emang anak gue makan lahaap..happ..happp. Yaiyalah kan gue post pada saat dia lagi doyan makan. Saat ngga mau makan?! Mana sempat gue abadikan. Yang ada gue sibuk ngerayu anak bayi. Kalau rayuan ngga mempan, mulai ancaman semacam “No mamam, no nenen yaaa”. Apakah berhasil?! Ngga lah. Anak usia segitu mana ngerti ancaman sih. Udah tau ngga ngerti tapi tetep gue lakuin haha. Ya mooonmaaap gue pun lelah.

Perjalanan masa Mpasi ini lebih dramatis daripada sekedar nyusuin dia dulu. Gue udah terhitung dua kali marah besar ke Rayqal, hiks. Iya marah sampai bentak cuma gara-gara ngga mau makan. Gue ngerti kalau percuma aja gue bersikap gitu toh anak bayi emang ngga bisa diajak bernegosiasi. Tapi entah lah. Cuma ibu-ibu yang peduli stunting mengerti atas perasaan gue ini. Walau sesungguhnya gue memandang lebay urusan makan pada akhirnya timbangan Rayqal tetap naik 400-500gram perbulan. Masihkah khawatir?! Masih. Itulah ibu.

Sejak jadi ibu, semakin gue khawatir terhadap Rayqal, semakin gue lebay. Lebay yang berujung kepada emosi gue yang besar. Seandainya gue bisa sekedar berhenti di kalimat “Yang penting anaknya aktif” seperti ibu-ibu lain, mungkin gue ngga akan emosian gini perkara ngadepin anak yang emoh buka mulut. Ahh ya selain urusan tutup mulut, kadang anak gue mangap tapi begitu makanan masuk dilepeh. Shaaakiitt hatikuuu 😭 lebay lagi kan.

Gue ngga mau jadi ibu galak. Gue mau tetap dipandang ibu peri bagi anak-anak gue. Tapi gimana dong?! Susah. Kadang gue mikir apa gue kudu balik kerja ya?! At least dengan gue ngantor, gue ngga perlu berhadapan dengan urusan suapin makan anak. Ngga perlu gue ngamuk ktika anak gue ngga mau makan di depan gue karena gue cukup terima laporan. Tapi khayalan gue ini kok terasa seperti ibu yang ingin berlari dari masalah?!. Lagi-lagi jadi ibu ngga mudah. Alih-alih gue chat nyokap minta maaf kalau gue dulu susah makan dengan harapan gue dapat kekuatan dari sesama ibu eh malah emak gue nyumpahin. Makin down lah gue. Kayak berasa ngga punya dukungan dari ibu sendiri.

Barusan Rayqal nangis kejer karena ngga mau makan, maunya nenen tapi gue ngga mau kasih dia nenen. Jahat banget gue 😭 maksud gue sebenarnya gue pengen dia laper dulu karena kalau keburu nenen nanti ngga laper. Tapi semakin gue cuekin semakin keras tangisannya, ujung-ujungnya dia muntahin makanan yang sebelumnya udah masuk. Khilaf, gue mukulin pantatnya macem tepukan empok-empok mau bobo 😭 jahat ya gue 😭😭😭. Ngga kencang kok tapi gue ngerasa bersalah. Abis itu anaknya gue meluk. Lagi-lagi gue jadi ibu galak.

Beneraan gengs jadi ibu itu ngga mudah. Butuh stok kesabaran dan kewarasan tingkat dewa. Tapi walaupun up and down jadi ibu baru kyak gini. Gue tetep kok bahagia menatap mata anak gue. Peluk ciun dia, dan segala aktifitas fisik yang melelahkan tapi gue ridho karena untuk anak gue. Gue masih tetap berharap dianggap jadi ibu peri dimata anak gue, bukan jadi ibu galak. Mudah-mudahan gue makin kuat perasaan ngga lagi emosian atau lebay mikirin tumbang anak. Buat ibuk-ibuk yang senasib kayak gue, pelukan yukkkk!.

Penulis:

Bininya Masbeb, suka masak, dramaqueen, hobi nonton horror

4 tanggapan untuk “Ibu Galak

  1. Nah gue banget nih Syer. Gue sih awalnya selow banget masalah makan. Gue adalah ibu yang prinsipnya “yang penting anaknya aktif dan ada naik dikit”.

    Masalahnya adalah bulan lalu timbangan nya naik 150 gr doang. Dokter gue yang juga sama selow dan gapeenah nyaranin suplemen mulai mewanti2 bahwa kalo bulan ini tetep sama bakal dikasi suplemen. Gila lah gue. . . Ha ha

    Dan gue ngerti yang lu bilang jadi ibu galak. Gue sebulan ini tetiba jadi ibu galak.

    Dan parahnya emang, gue abis teriak kan langsung rebahan kemaren. Si Joel dateng buat peluk dan cium sambil panggil “Mi. . . Mami. . .”

    Jadi siklusnya bagi gue belakangan ini adalah: joel lepeh makanan, gue marah, gue nangis, joel datang hibur, gue makin nangis, gue sok insaf, balik ke awal

    1. 😭😭 nahh iyaa gituu lah vit.
      Kita udah berusaha nahan diri untuk ga marah ke anak perihal urusan makan tapiiiiii ada aja pemicu masalahnya dan semakin khawatir semakin lebay ke anak marahnya. Sedih tapi sumpaaah urusan kenaikan bb anak emg ga bisa dianggap selooow.
      Nimbang anak udah kayak mau nyerahin hasil ujian ke dosen. Deg2an banget.

  2. kayaknya umur segini dimarahin gitu belom ngerti deh… dulu anakku yang pertama juga mulai umur 7 bulan susah banget makan, yang ada aku emosi dan akhirnya marah2, tapi anaknya kayak masa bodo mau dimarahin juga hahahaha… akhirnya dia mulai mau makan ketika aku kasih nonton hahahaha…

    emang jadi ibu stok sabarnya kudu banyaaaaaakkk banget… ini baru urusan makan, belom urusan toilet training, sekolah, temenin bikin PR dll hahaha… semangat ya…

    1. Huaaaa 😭😭 masih banyak ya ci PR jd ibu itu. Kadang ya aq bengong mikirin kapan sikk pusing-pusing kayak gini selesai?! Tapi aq sadar, kepusingan jadi ibu itu never ending skalipun anak-anak udah besar.
      Beneran deh jadi ibu itu luaaaar biasaaaakk.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s