Menentukan Tanggal Pernikahan


Gue kadang kepo sama tanggal nikahan beberapa temen gue kayak misalnya kenapa sih lo nikah di tanggal tua? Apa ngga kasian gitu kalo tamu mau dateng eh tapi belum punya duit? Kalo udah gitu biasanya temen gue jawab karena hitung-hitungan orang tua.

Nah buat bride to be kayak gue gimana?? Apalagi gue sama Masbeb sama-sama ada keturunan suku Jawa. Biasanya kan pasti ada hitungan hari lahir dan hari baik. Tapi hal ini ngga berlaku loh bagi kami. Wkwkwkwk. Tanggal pernikahan gue sama Masbeb sepertinya memang ditentukan sama Allah SWT. Gue merasa semua serba kebetulan.

Jadi sebenarnya tanggal pernikahan kami itu sempat ganti. Iyaaaa ganti. Bener-bener geser tanggal. Penyebabnya apa coba?? Bukan karena titah sesepuh, bukaaan. Jadi penyebabkan karena kami pindah gedung hahahaha. Alasan pindah gedung kayaknya nanti aja gue ceritain detail setelah nikahan. Intinya tanggal pernikahan kami itu karena ketersediaan gedung aja, bukan karena ngikutin adat jawa kami.

Kalo ngomongin weton dan kitab primbon, kedua belah pihak keluarga kami ngga ada yang mengerti. Semua pada bilang ikutin saja, semua tanggal baik. Jujur gue sempat galau karena menurut adat jawa ga baik nikah di bulan Suro alias bulan Muharram. Sedangkan kami itu menikah di bulan Muharram. Googling sana-sini bagi umat islam justru menikah di bulan Muharram itu adalah bulan baik. Yowis kita percaya sama agama kita aja lah ya, bismillah.

Balik lagi soal ganti tanggal pernikahan kami yang geser karena pindah gedung dan kebetulan gedung inceran kedua kami hanya menyisakan tanggal tersebut di tahun 2017. Secara yaa kami nyari gedung lagi itu pada akhir Februari. Makanya ga heran nyaris semua gedung resepsi Favorit sekitar Jakarta-Bekasi sudah penuh semua.

Setelah kami mantab memutuskan pindah gedung, iseng-iseng gue cek tanggalan dan coba berhitung. Bukaaan, bukan hitungan primbon weton. Gue menghitung kalo gue menikah di tanggal segitu artinya dibutuhkan berapa lama gue sama Masbeb pacaran. Ternyata………… hasilnya………adalah…….itu tanggalan bertepatan dengan 10 bulan 10 hari kami jadian dong 😂😂😂 *maksa banget ngepas-ngepasinnya hahaaha. Oke lah gue merasa semesta mendukung kami berdua. Karena kami juga sama-sama lahir di bulan 10. Yeaaa kami berdua anak Oktober 😍  

Ahh ya, nasib gedung pertama yang sudah kami DP kan terpaksa kami coba lelang, sayangnya belum laku juga hiks. Padahal lumayan 2,5juta kalo balik. Huhuhu. Tapi ga papa lah, ikhlasin aja. Teruuss tadi ceritanya gue iseng browsing cek tanggalan cantik di 2017 dan hasilnya lagi-lagi bikin gue takjub. Ternyata tanggal pernikahan gue termasuk tanggal cantik di 2017. Woowwww lucky me! Alhamdulillaaaaah. Kami baru sadar dong, hahahaha. Soalnya selama ini ngga begitu peduli soal tanggalan cantik dll. Niat kami mah yang penting menikah, sakinah, mawwadah, warohmah. Untungnya tanggal pernikahan kami pun bukan termasuk tanggal tua. Hahaha saking penting banget penentuan tanggal tua ato tanggal muda. Mikirnya sih kasian tamunya kalo kita ada hajat di tanggal tua. Ga punya ongkos kondangan cin.

See..ini lah kenapa gue bilang tanggal pernikahan kami itu benar-benar Allah SWT yang menentukan. Menikah di tanggal yang tepat, bulan yang tepat dan Insha Allah dengan orang yang tepat.

Fabbi ayyi ala irobikuma tukadziban.

Maka nikmat Tuhanmu Manakah yang kamu dustakan?

Iklan

21 thoughts on “Menentukan Tanggal Pernikahan

  1. Alhamdulillah ya.
    Jadi inget waktu itu saya hari sabtu bulan Desember tahun lalu orangtua saya dan calon (waktu itu) pada ketemu. Kita Sepakat April 2017 karena gedung penuh.
    Hari senin pas habis dzuhur ditelepon Mom. Ternyata calon mertua sudah dapat gedung untuk Februari 2017 dan di gedung idaman pula. Walhasil nikah lebih cepat. Haha…

    Memang kalau jodoh, dimudahkan oleh Allah yaa.
    Oke. Semoga lancar ya urusan-urusan pernikahannya dengan Mas Beb.

  2. Aku jadi ngitung juga cap cip cup berdasarkan clue yang tersebar. nebak nebak tanggal cantik di tahun ini, 10 bulan jadian, sama muharram. Jadi kutebak syera nikahnya bulan tiiiiiitttt *langsung dibekep syera* haha. Semoga dilancarkan ya syer.
    Iyee…bener emang soal itung itungan tanggal ini bikin eerr…bukankah semua hari itu baik yekan?

    1. Eeeiittt.. awas jgn keceplosan hehehehe.
      kmrin smpt galau yg bulan muharram ini, dan nanya ke papaku yg org jogja. Alhamdulillah beliau ga masalah klo kami menikah di bulan Muharram.

  3. Aku dulu jeda dari lamaran ke nikah itu cuma 2 bulan doang dong, kebayang ga sih nyari gedungnya sesusah apa, dimana2 full booking, sempet stress banyak drama, tapi alhamdulillah dapet juga di waktu&tempat yg tepat. Ky udah jalannya aja gitu. Kalo tanggal khusus yg dilarang sih aku ga percaya, yg namanya nikah kan ibadah, masa ibadah ditunda cuma gara2 tanggal doang

      1. Iya, rata2 org kan 6 bulan prepare nikahan, aku mah 2 bulan bner2 ngebut, abis gmn si doi udah ngebet banget hahaha.. rias pengantin lamaaa.. aku tuh dijadwalin jam 4 subuh udah dirias tp aku telat dateng malah dtg jam 5an, beres2 make up jam 9 langsung akad deh, trus ganti baju buat resepsi sambil touch up dikit

  4. Waktu itu aku sama abang mikirin tanggal krn harus di sesuaikan sama dia yang cuma bisa pulang sekali dalam setahun. Jadilah bulan yang kami pilih plus tanggal paling pas karena hal tersebut, selebihnya betul menurutku semua tanggal itu cantik dan baik karena Allah subhanahu wata’ala telah mengkaruniai kita dengan hidup di setiap tanggal2 yang telah ada di muka bumi πŸ˜€

  5. Duh lama gak mampir udah ada tulisan seru mau nikah. Jadi dulu jaman aku nikah, tanggalnya pas hari kerja. Yah pilihan tanggal jawa sih, tapi demi menghargai semua pihak akhirnya di okein aja. Ujungnya semua temen ngomelin. hahaha

    1. huahahahaha..demi tanggalan hari baik ya.
      eh klo dimakassar juga gt kok, byk nikahan di tanggalan hari kerja. tapi disana udh biasa jd ga berasa aneh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s