Tabungan BTN Perumahan

Lahhhh kenapa gue nulis duit-duitan mulu yak akhir-akhir ini?! wkwkwkw.

Setelah postingan menghitung keuangan, sekarang jadi keterusan nulis soal tabungan. Nah kalo kemarin gue cerita soal buka rekening baru Bank BCA non domisili (diluar domisili asal) kali ini gue mau cerita tentang Tabungan BTN Perumahan.

Entah ya, mungkin ada sebagian pembaca blog yang belum tau soal tabungan ini. Makanya gue mau cerita sedikit yang gue tau karena gue nasabahnya. Berawal dari keinginan buka rekening baru non BCA tapi gue galau soal KTP gue yang Jawa Barat. Sedangkan gue kan males gitu kalo ijin ke Bank segala. Gue curhat lah sama sahabat gue yang kebetulan Customer Service di Bank BTN. Waktu itu sih ngga kepikiran untuk buka rekening disana. Ya maklum aja, BTN selama ini dipenggambaran gue kan Bank untuk nyicil rumah. Ngga kepikiran untuk nabung secara konvensional juga.

Ngga disangka, sahabat gue nawarin untuk pembukaan rekening baru di BTN dengan tipe Tabungan Perumahan. Kalo kata sahabat gue, nanti kita nabung disana bisa tiap bulan terus dapet bunga 3% pertahun yang dibagi 12 bulan. Okeehh, otak gue kudu mencerna soal duit beginian. Penggambarannya sih gini, lo nabung BTN Perumahan misal saldo 2.500.000 di rekening awal. Nah bunga 3% dari saldo tersebut 75.000/tahun. Tapi bunganya itu dibagi 12 bulan hasilnya kan 6.250 yang akan dimasukkan ke tabungan setiap bulan. Bunga tersebut bisa berubah sesuai isi saldo yang bertambah kalau tiap bulan. So pasti kalo kita ngisi tabungan terus ya bunga yang masuk makin bertambah lah.

Gue mulai nyambung soal sistematikanya maka gue putuskan buka rekening tabungan BTN Perumahan. Inget namanya Tabungan Perumahan di bank BTN. Hanya saja kata sahabat gue, saldo minimal awal untuk buka rekening itu sebesar 2juta rupiah. Ahh yasudah lah tutup mata soal itu wkwkw. Gue pun menyiapkan fotokopi KTP gue yang baru gue kasih ke sahabat gue pas malemnya kita ketemu sedangkan Tabungan udah dibantu buatkan terlebih dahulu rekeningkan karena gue kirimin foto KTP gw ke WA. bwahahaha. Ini lah enaknya ada temen CS di Bank. Urusan administrasi seperti tanda tangan gue selesaikan pas ketemuan di sore harinya. Sedangkan penyerahan uang 2juta itu gue transfer langsung ke nomer rekening BTN yang dia buat untuk gue.

Kelebihan dari Tabungan Perumahan Bank BTN ini selain bunganya yang cukup besar yaitu 3% terus ngga ada biaya admin sama sekali. Tabungan bebas potongan tiap bulan, yang ada malah bertambah karena berbunga terus. Kece ngga tuh?! hihi. Tapi tetep ya ada kelebihan, pasti ada kekurangan. Kekurangannya ya ngga ada kartu ATM. Kita ngga dapet ATM sama sekali, cuma dapet bukunya thok!. Well mungkin memang tujuan utama dibuatkan tabungan ini kan emang untuk nabung. Simpen duit yang banyak, bukan untuk naruh duit dan kemudian ditarik setiap saat. Untuk cek mutasi rekening pun ya mesti ngeprint dulu sih, bener-bener kayak lo masukin duit ke celengan aja. Lo ngga bakalan bisa ngintip udah berapa duit di celengan kecuali lo bongkar semuanya. Sama dengan tabungan ini, kita nabung tiap bulan tanpa perlu menghitung seberapa banyak yang sudah didapat karena tujuan utamanya memang menabung.

Gimana kalo kita butuh duit dari tabungan ini? Yaaa mesti tutup rekening lah. Manfaat lebih dari Tabungan ini juga bisa digunakan jika kita sedang merencakan membeli rumah secara KPR karena bidikan utamanya memang seperti itu sih hehehe. Silakan klik link informasi BTN Tabungan Perumahan ini.

Gimana? tertarik ngga buat ngikut buka rekening seperti gue? postingan ini ngga berbayar kok, sueerrr. Tapi ngga ada salahnya berbagi informasi yang bermanfaat kan?hehehe. Gue sendiri untuk menabung di Bank BTN ini menggunakan sistem transfer kok. Karena dekat kantor ngga ada bank BTN terdekat jadi ya kalo mau ngisi tabungan ini gue mesti transfer dari Bank BCA ke Bank BTN. Kena biaya admin dong?? Iya kena lah tapi kan biaya admin 5rebu akan tergantikan dengan bunga yang masuk. Hahahaha, lah sama aja yak?! wkwkwk ngga juga sih, selama tabungan bertambah terus kan hasil bunga 3% pun bertambah tiap bulan.

Itu contoh hasil tabunganya. Btw, keliatan dikit yak hahaha. Yaiyalah terakhir gue ngeprint aja Desember 2015 wkwkwkw skrg udah 2017. Tabungan bertambah kok walau ngga banyak kayak tabungan ke nyokap hehehe. Maklum, gue ngisi kalo lagi pengen “buang recehan” kesana hahahaaha. Ohh iya, yang gue seneng dari tabungan ini walaupun lo ngga nabung tiap bulan, tetep bunga akan masuk terus di tabungan dan akan berubah sesuai saldo ya. Silakan pelajari foto hasil print buku tabungan gue ini. Jadi hasil bunga 3% itu pun berbeda-beda tiap bulannya. Cihuuuy kaaan?!

Jadi tunggu apa lagi?! Coba lah sekali-kali nabung juga di bank BUMN ini πŸ˜€

10 thoughts on “Tabungan BTN Perumahan

  1. Halo, terima kasih udah share pengalaman, jarang yang share tentang BTN Perumahan.

    Btw, kalau isi dana bisa transfer lewat BCA kah? agak males juga kalau harus setor ke bank setiap bulan, ngantrinya itu 2jam. hahaha

    Apakah ini seperti tabungan berjangka? atau seperti tabungan biasa? Apa kita harus buat perjanjian misal 5th dan rutin menabung setiap bulan, misal 1jt sesuai perjanjian itu?

    Tertarik nih, punya mimpi pengen punya rumah sendiri. hahaha

    1. Untuk isi dana, bisa transfer dari bank manapun. Kalo saya via bank BCA dengan metode internet banking. Ngga ada perjanjian harus seberapa lama nabungnya, semacam tabungan biasa aja tapi kamu ga punya kartu atm, mirip kayak kita nabung di celengan. Isi dana ke tabungan tanpa tahu saldonya berapa, kecuali klo secara berkala di print buku tabungannya.
      Yang bikin tertarik sih krn bunganya besar dan ga ada potongan πŸ˜€

    1. Halo Riko, iya tidak ada internet bankingnya. Jadi cek saldo ya mesti ngeprint buku tabungan atau tanya ke CSnya aja (cari kenalan CS BTN bisa kalii ) hehehe

  2. mas saya mau tanya, saya sudah buku tabungan perumahan setoran awal saya 3jt rupiah, tapi bunga yang saya dapat hanya1,233. apa saya harus tanyakan ke pihak bank ?

    1. Hai mas dim, mungkin sebaiknya mas datang langsung ke bank btn dan bertanya pd customer service terkait πŸ™‚
      Atau coba tlp ke customer service bank btn.

      Btw, saya bukan mas-mas krn saya perempuan.

  3. Wah tidak bisa dicek secara online ya?

    Btw, ini bukan tabungan berjangka yang harus rutin setian bulan?

    Tertarik nih, 10th lalu pernah nabung di BTN, dan bunganya saat itu paling besar diantara semua bank, Nabung 5jt langsung dapat 50rb, asik banget… Cuma tutup tabungan karena bank-nya pindah jadi jauh dari rumah saya.

    Karena saya kerja malam, rencana saya kalau nabung BTN Perumahan mau transfer dari iBanking BCA, kena potongan ngga masalah karena cuma mencegah supaya tidak terpakai. hahaha… Cuma punya satu tabungan jadi kadang tidak terkontrol, yang dipikiran “Ah tenang masih banyak”. hahaha

    Tapi kalau tidak bisa dicek secara online, wah agak serem juga, takut ngga masuk. hahaha. Secara tabungan utama saya di BCA saja terakhir print buku 5th lalu. hahaha

    1. Hahaha, masa ga masuk sih mas. Ga mungkin kok (insha Allah). Kalo mau sih kenalan sama CSnya minta CP buat bs dimintain tengokin jumlah tabungannya di BTN.
      Saya begitu soalnya, krn sahabat saya kerja disana, kdg minta tlg diliat brp jumlah tabungannya.
      untuk print buku tabungan kan bs dilakukan di cabang mana aja klo lagi sempat lewat πŸ™‚
      smoga membantu ya.

Tinggalkan Balasan

