Diposkan pada life

Radio

185668094

Lewat radio
aku sampaikan
Kerinduan yang lama terpendam
Terus mencari
biar musim berganti
Radio cerahkan hidupnya
Jika hingga mati ku tak bisa
Menemukan hatinya
Menemukan hatinya
Menemukan hatinya lagi

Sheila On 7-Radio

Siapa yang masih suka mendengarkan radio?? Ahh gue sih masih tiap pagi kalo berangkat kerja. Radio yang disetel di dalam mobil menemani pagi gue setiap hari kerja. Ngga cuma lagu aja yang didengar, kadang ada obrolan diskusi kecil tentang issue-issue yang hangat pada saat itu. Tapi kali ini gue ngga bahas soal radio masa kini. Gue mau bahas soal radio di masa lalu.

Enam belas tahun yang lalu….sekitar tahun 2000an.

Gileee kok gue bahas flashback berasa tuwiir tiwikir-kiwir aneeeet ciih. Bwahahahaha, gue sedang membahas kisah radio di masa muda gue ini. Pas gue baru banget masuk SMP. Gue kenal radio yang menyetel lagu-lagu Indonesia. Emang sih ya udah masuk band luar semacam Westlife, Boyzone, Backstreet Boys dll. Cuma kebetulan aja memori gue soal radio itu tentang band dalam negeri.

Gue inget masa puber gue, ketika gue berbau kecut, rambut panjang berbelah tengah dan gue merasa tengil banget *sekarang masih tengil….dikit. Gue mulai belajar suka-sukaan dari lagu yang gue dengar di radio. Ada grup band yang gue sukaaa banget, pada inget Band Element ngga?. Gue sampe demeeeen bangeeet sama si Didi Riyadi. Lagu yang gue inget dan sering banget radio puterin itu Kupersembahkan Nirwana.

Tiap kali gue denger lagunya tuh gue berasa geniiiiiit banget nyanyi lagu itu. Gue bayangin hal yang nggak-nggak di masa puber gue. Ya gue bayangin gue nyanyi bareng si Didi Riyadi lah, gue…ghueeeehhh tengilan bangeeeet seeeh saat itu. Tapi gimana dong, tiap kali radio nyetelin lagu itu, gue setel volume gede-gede sampe nyokap gue ngomelin karena gue nyetel radio kegedean yang berpotensi kedengeran sampe satu RT rumah gue.

Titip Salam.

Gue nggak tau sekarang masih ada nggak sih titip salam kyak gini.

“Haloo dengan radio X?

Iya ini dari Syera di Perumnas 2. Mau rikwes lagu S07 dong yang JAP, Jadikan Aku Pacarmu. Kirim salamnya buat Rohim yaaa anak SMP 7 Bekasi. Makasih yaa”

Najooooong banget lah gue, hahaha. Kira-kira seperti itulah cerita titip salam di radio kala itu. Rikwes lagu terus titip salam dan rasanya hepi beneer kalo telepon kita masuk. Terus kadang-kadang ngikut kuis di radio walau tiap kali mau konek selalu “tutttt..tuttt…tuuuuttt”.

Berbagi Kisah

Entaah kisah serem atau mistis, kisah cinta, kisah patah hati. Segmen ini cukup booming di masa muda gue. Bahkan gue sampai pantengin jam-jam tertentu buat sekedar dengerin segmen ini. Biasanya gue demen banget sama cerita horror gitu plus backsound di radio kan kadang suka mendukung gitu kan.

Ada juga sih segmen berbagi kisah cinta gitu dan biasanya si penyiar nyetelin lagu yang mendukung kisah yang sedang dibagi. Kalo kisah patah hati, disetelnya lagu-lagu yang galau. Kalo kisah cinta disetelnya lagu cinta laaah.

Radio juga kadang suka jadi soundtrack secara nggak sengaja. Gue pernah mengalaminya. Alkisah gue sama mantan gue lagi bertengkar, gue sama dia sama-sama diem dan pas lagi pulang bareng naik bus. Hubungan gue sama si mantan beneran udah diambang putus. Gue sama dia duduk bersebelahan tapi kondisi diem-dieman gitu. Sayup-sayup supir bus menyetel radio dan mendendangkan lagu…

Kusangkakan panas berpanjangan
Rupanya gerimis, rupanya gerimis mengundang
Dalam tak sedar ku kebasahan

Pernah juga kau pinta perpisahan
Aku sangkakan itu hanyalah gurauan
Nyata kau serius dalam senyuman

Familiar nggak sama lagu ini? Iyees gerimis mengundang. Udah ujan gerimis, gue lagi marahan malah mau putus, eaaahh alaaaahhh..kok ya pas di radio nyetel lagu ini. Gue ga tau chanel radio mana yang disetel sama si supir, tapi lagu ini kayak ngeledek gue banget.

Sia-sia kukorban selama ini
Jika kasihku, jika hatiku
Kau guris oh oh oh…
Dalam tak sedar ku menangis

Ending lagunya ngeheeek bangeet vrooh!. Makanya kalo gue denger lagu itu sekarang mengingatkan gue sama gerimis, bus dan si mantan yang menyebalkan. Hiaaahhh, hahahaha.

Rikwes Lagu Favorit.

Gue sukaaa banget sama bagian ini di radio. Bisa Request lagu favorit. Walau kadang telepon ke radio rada susah, tapi kalo ada orang yang pesen lagu yang gue inginkan itu rasanya hepiii. Pernah ada lagu ngehits banget tuh lagunya Base Jam-Bukan Pujangga, terus lagunya Tic Band, Stinky dll. Seneng banget lah sama lagu mereka. Dan pada saat itu rasanyaaaaa…semua anggota Band tampak ganteng, hahahaha.

Lagu-lagu radio saat itu menemani hari siang dan malam gue, menemani ketika gue saat ngantuk di kamar, ngerjain PR, nulis diary, ahh pokoknya radio di masa puber gue terasa berarti banget.

Sandiwara Radio.

Gue kenal sandiwara radio pertama kali waktu gue kuliah tingkat awal. Inget banget sandiwara radio disetel pas jam menuju buka puasa. Kalo nggak salah prambors yang menayangkan sandiwara radio dengan berbagai cerita konyol dan bikin gue ketawa ngikik sendirian kayak orang gila. Sakiing sukanya sama sandiwara radio ini, gue sampai bikin skripsi dengan bahasan utama sandiwara radio. Tuh, kurang cinta apa coba gue sama radio?!

Jadi begitulah pengalaman radio gue di masa muda gue ini. Ada yang punya kisah klasik juga tentang radio?! πŸ˜€

 

 

 

 

 

 

 

Iklan

Penulis:

Bininya Masbeb, suka masak, dramaqueen, hobi nonton horror

22 tanggapan untuk “Radio

  1. hahaha… saya juga kenal radio pas jaman- jaman itu mbak. dulu malah sms : “salam buat Tutus kelas 3-1 smp 1. dari penggemar rahasia.” πŸ˜€ padahal Tutus itu nama saya sendiri. Lah, besoknya rame lah di kelas. Biarin. :p

  2. Ha ha ha ha jaman SMP ku Inbox Syer. Tiap hari Minggu rela lah berantem sama adek kecil yang pengin kartun sedangkan saya pengennya ngedengerin lagu Radja😁

    Baru denger lagu yang Bukan Pujangga itu kemaren dari ARL. Dia juga suka banget lagu itu, saya merem melek pas dinyayiin. Lagu-lagu Wayang jugaπŸ˜…

  3. Ahaha mba Syeeer… aku jd inget jaman sd dengerin prambors dah kayak anak paling keren satu sekolahan πŸ˜‚πŸ˜‚

    Jaman smp perna titip salam najong kayak gitu juga, malunya kalau diinget2 wkwkwkwk

    1. huahahaha, titip salam najong buat siapa aja nih? *kepoo.

      aq kenal prambors malah agak telat, pas udah sma apa kuliah gt.
      dulu dengerinnya radio lokal daerahku, itu aja udah berasa awwwsooom.

  4. gua juga suka ama radio sejak smp. sampe sekarang masih selalu denger radio kalo lagi di mobil atau di kereta kalo pulang kantor… πŸ™‚

    1. radio emg ga ada matinya deh, pdhl kdg kita cuma semacam dengerin penyiarnya ngobrol-ngobrol aja ya. tapi ajaibnya kita malah suka menyimak obrolan mrka.
      aq update lagu terkini juga taunya dari radio.

  5. Ngerekam lagu dari radio, manyun dengerin drama Saur Sepuh, pagi2 denger radio yg suka ngucapin selamat ulang tahun, terus sblm tidur dengerin Anda Meminta Kami Memutar, sepanjang hari kek gitu aja kerjaannya jaman2 90an ya. Anak2 sekarang tahunya Inbox, Silet, dan acara2 ga bermutu di TV :p

    1. ahh iyaa bagian ngerekam laguu, aq lupa masukin.
      dulu aq pernah kok di masa kya gt kak, ngerekam lagu hihi sumpaah lucu juga kalo dingat-ingat.
      drama saur sepuh, aq cuma tau namanya tp belum pernah dengerin. katanya sih ngehits juga di jaman dulu.

      anak skrg mah mana kenal masa kenangan kya gini ya? paling kenangannya mrka nyanyi-nyanyi di acara tv sambil melambaikan tangan di dpn penyanyi hehehe

  6. Hahaha mba Syerr,, aku kalo ingat2 jaman SMP dan nge hitz nongkrong di radio, berasa alay mampus karena dulu sering banget titip2 salam sama cowok2 yang ditaksir padahal cowok itu gak kenal sama kami wkwkwk… atau pas mau titip salam buat temen2, sebelumnya aku sms dulu supaya stay tune di radio favorit kami biar salam dan lagunyaa didengerin… trus besok paginyaa, saling cerita2… yaa elaaahhh

    1. eaaakkk hahahaha..
      ah menyenangkan sekali klo diinget2 say, kayaknya nggak ada yg nggak nyenengin. krn semua org masih fokus dengan sekitarnya bukan dg gadgetnya.
      kalo sekarang kayaknya udh nggak jaman “nitip salam” kya gt hehehe. tinggal kode-kodein aja di sosmed hahaha.

      1. iyaaa mba Syerr… tosss syantik.. skrg mah jamannya kode-kodean lewat postingan, iyaa kalo yg dikodein peka apa kalo yang peka justru org yang salah whahhaaa..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s