Resep Brownies Shiny Crust “Beng-Beng”

image

Ceritanya belum bisa tidur, akhirnya kepikiran buat nulis resep brownies andalan. Caranya gampaaaang banget, sambil merem juga bisa *sombongg kaleee. Berhubung kalo cuma pake chocochip atau oreo udah biasa, pake bengbeng pun jadi. Rasanya enaaaakk banget. Bahkan ada temen mengira ini brownies pake coklat silverqueen padahal kagak. Yang nggak jago bikin kue, klo bikin ini dijamin bisaa, wangi smiriwiiiing coklat. Asal diinget suhu oven jangan kepanasan juga. Maksimal 180 derajat celcius aja yak. Karena saya pake oven kompor jadi apinya pake api sedang. Enak deh pokoknya. Patut dicoba.

Brownies Shiny Crust (Dark Choco) Beng-Beng

Resep ini untuk 1 loyang brownies ukuran 30 x 10 cm
untuk 2 loyang didobel saja resepnya jadi 2x resep
Tips mendapatkan shinny crust:
* pastikan oven sudah dipanaskan
* pastikan gula sudah benar-benar  lembut saat dimixer.

Bahan dan Cara Membuat:

Bahan yang dimixer:
2 butir telur
140 gr gula pasir

Lelehkan & aduk rata:
125 gr DCC (dark cooking chocolate)
50 gr mentega
25 gr minyak sayur

Timbang & ayak :
40 gr cocoa powder
35 gr terigu serba guna (segitiga biru atau kunci)

Campuran & topping :
~Beng-Beng 2 bungkus, potong-potong
~ choco chip secukupnya
~ keju parut/almond slice/kacang mete (suka-suka kau laaah) 😝😝

Cara membuat:
1. Panaskan oven suhu 170C (pake oven kompor,panasin selama 5 menit dg api sedang)
2. Olesi loyang dengan margarin dan taburi terigu merata
3. Lelehkan DCC dengan margarin aduk rata, setelah rata baru masukkan minyak sayur terus aduk rata dan sisihkan.
4. Kocok telur dan gula dengan mixer sampai gula larut dan adonan mengembang kental.
5. Masukkan terigu yg sudah diayak dengan cocoa powder  ke dalam kocokan telur, aduk cepat dan rata dengan spatula (sebaiknya jangan dimixer). Masukkan coklat yang sudah dilelehkan, aduk rata.
6. Tuang ke loyang yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung tipis.
7. Masukkan choco chip, Beng-beng sebagai toping secukupnya ke di atas adonan
8. Panggang hingga selama 30-35 menit dg api sedang.
test dengan tusuk gigi jika sudah tidak basah tandanya brownie sudah matang.

Setelah matang, dinginkan dulu di dalam loyang, keluarkan brownies jika sudah tidak panas .
note:
saat masih panas brownies akan agak lembek saat disentuh tangan, biarkan dingin dengan suhu ruang , topping brownies akan mengering dan crispy dengan rasa coklat lembut dan melted  di bagian dalam brownies.

#brownies #cake #homemade #happycooking #alasyera

Iklan

12 thoughts on “Resep Brownies Shiny Crust “Beng-Beng”

  1. Wuihh bikin ngiler banget resepnya, pngen nyoba bkin di rumah, tp klo taunya bikinan aku rasanya gagal, mending aku beli dari km aja. Hehehe.. bagus tuh buat dijadiin bisnisan.

    1. Nggak bakalan gagal say,
      Yuukk km pasti bisaaa
      Asal ngoven maksmimal 30-40 menit, ga bakalan gosong hehehe.
      Iya pengen bisnis tapi mgkn nti aja klo udh jd IRT.

        1. Semangaaat..kamuuh pasti bisaaa.
          Cuma pake dua telor ini.
          Itu coklat bloknya beli aja di supermarket ada kok, ckup pake setengahnya aja.
          Trs jgn lupa mikser telur sm gulanya smp bnr2 larut trs wrna putih kental gitu.
          Oven jgn lupa dipanasin dlu menjelang dimasukin kuenya.
          Okeehh..okeehh selamat berjuang

  2. Seumur-umur coba bikin kue sejenis ini aku kayaknya sering gagal dan berhasil racunin orang deh hahahaha, tpi ga boleh pantang nyerah yeeee brrti resep ini kudu aku coba wkwk *wish me luck*

  3. hallo.. salam kenal mbak,, maaf nanya ya aku sdh bbrp kali coba tapi shiny crust ga muncul, kenapa ya kira2 mbak? salah pas ngadon atau gimana ya mbak padahal sdh ikutin resep huhuhu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s