Diposkan pada life, Resep

Resep Gulai Jengkol

11203237_968859873124149_7932617042518589123_n
Gulai Jengkol+Nasi Kuning+Usus Ayam goreng

Gimana-gimanaahh? yang puasa dan doyan jengkol masih cukup tegar kan liat gambar ini? nggak ngiler kan? baguuss. Berarti iman kalian cukup kuat membayangkan gurihnya kuah santan gulai dengan legitnya si jengki alias jengkol berpadu dengan nasi kuning, usus ayam goreng dan sambal tumis cabe bawang khas cirebon yang rasanya pedas manis. Endeeeuuuuuuss.

Eniwei, di Indonesia ini kayaknya cukup banyak orang yang gengsi mengakui bahwa dirinya penggemar jengkol. Come on guys! kenapa mesti gengsi dan malu? takut dikira ndeso? takut sama baunya? takut ketampanan dan kecantikan kalian turun sekian persen kalo ketauan suka jengkol?! ahh kalian ini, payah kaleeee. Teman saya yang cantiknya pake bangeeeet, karena wajahnya perpaduan arab plus punya mata dan bibir yang seksi nggak malu-malu kalo dia suka sama jengkol. Bahkan beberapa kali saya liat postingan dia di IG berkenaan dengan makanan favorit ini. Entah jengkol balado, semur jengkol dan gulai jengkol.

Berhubung Mama saya orang aseli Bekasi, maka budaya masak dan makan jengkol udah nggak asing di keluarga kami. Plus, nyokap masaknya pinter banget. Jengkol nggak bau sama sekali. Jadi abis makan beberapa biji kancing lepis alias jengki terus ketemu gebetan pede aja. Karena emang nggak bau. Nah berikut ini saya mau posting resep Gulai Jengkol ala Mama saya. Patut dicoba di rumah kalian ya guys!.

Gulai Jengkol (tanpa bau)

Bahan:

500 gr Jengkol tua

1 liter air

2 sdm kopi (bebas pakai kopi apa aja, kalo di rumah pakai kopi hitam)

Bumbu halus:

10 buah cabai rawit merah atau cabai merah (bila tidak suka pedas)

5 siung bawang putih

5 butir bawang merah

3 kemiri

2 cm jahe

3 cm kunyit

1/2 sdm ketumbar, sangrai

1 sdt jinten, sangrai hingga halus. (bisa disangrai bersama ketumbar)

Bumbu Rempah:

1 butir kapulaga

1/2 cm pala

1-2 buah pekak atau bunga lawang

2-3 butir cengkeh

2 lembar salam

1 ruas serai, memarkan.

600 ml santan kental (bisa dari 2 bungkus santan kemasan)

1 liter air bersih

gula merah, garam, kaldu bubuk secukupnya

Cara membuat

  1. Rebus jengkol dengan 1 liter air dan kopi hingga jengkol empuk dan matang. Cuci bersih jengkol yang sudah direbus dengan air kopi, buang kulitnya lalu keprek hingga pipih. Sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus, masukkan daun salam, serai hingga harum (harus harum smriwing ya, agak tidak bau bumbu mentah nantinya), masukkan jengkol yang sudah dipipihkan tadi, aduk hingga rata.
  3. Masukkan santan kental, air bersih. Kemudian bumbu rempah seperti cengkeh, bunga lawang, pekak, pala, kapulaga. Aduk rata, beri garam, gula merah, kaldu bubuk secukupnya. Aduk hingga mendidih dan matang. Gulai jengkol siap disajikan.

 

Note: Kunci utama dari jengkol tanpa bau ini adalah penggunaan kopi di air Β rebusan jengkol. Jadi kalau mau bikin jengkol balado, semur jengkol, biar nggak bau bisa merebusnya terlebih dahulu dengan KOPI. Percaya deh dijamin hilang baunya. Baik bau di mulut maupun di urine. Takut kamar mandi bau? sebelum pipis mohon siram closet atau lantai kamar mandi dengan air baru kemudian pipis. Karena urine yang terlanjur menempel di keramik kering lah penyebab kamar mandi bau. Tips lainnya setelah makan jengkol bisa juga dengan makan ketimun sebagai lalap.

Pertanyaan:

Gimana kalo nggak punya rempah komplit? ya nggak papa sih, tetep jadi juga gulainya kok. Tapi dengan adanya rempah, gulai ini berasa “sumatera banget” kaya akan bumbu.

Selamat ngeces πŸ™‚

 

Iklan

Penulis:

Miss dramaqueen

16 tanggapan untuk “Resep Gulai Jengkol

  1. Di kampung nenek saya banyak yg bertanam pohon jengkol..

    Tapi saya sendiri seumur hidup belum pernah nyobaa, ngeri mba Syeer hahaha XD

    1. Hahaha ngeri knp?
      Takut bau?
      Ihh cobain resep ini, rikwes sm emak deh buat masak jengkol tp direbus dlu sm kopi.
      Dijamin bebas bau.
      Cara lain abs makan jengkol kunyah permen karet atau coklat atau minum kopi. Ilaaaang semua.

      1. Hahah mungkin iya takut bau..
        Ngeri aja bawaannya mbaa Syer, baru tau ada cara seperti ini, kopi emg penangkal/penyerap bau yaa ternyataa, nice tips mbaa!

          1. Hihihi enggak dong mbak. Orang kayak aku kalau kebanyakan milih nanti nggak dapet-dapet malah jadi orang tua renta yang tak punya istri untuk dicumbu setiap malam ketika purnama tiba *INI APAAN SIH wkwkw

  2. belom pernah makan jengkol syer, di Ternate sini gak ada yg jual, belum
    pernah liat bentuk aslinya juga jadi penasaran ama rasanya, beneran bau banget ya?

    1. Enak sih rasanya, legit gimana gt. Iya krn bau gt, jd byk yg nggak suka atau malu blg klo suka jengkol.
      Baunya kya sabun sulfur gt.
      Makanya resep aq pakein kopi.
      Klo ga mau pake jengkol, diganti ayam atau daging atau bunga jantung pisang juga enak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s