Ngelindur

images (3)

Ngelindur atau mengingau, siapa yang pernah kayak gini?! Biasanya sih kalau udah lelah yang warbiazaaakkk kayaknya nyaris setiap orang bisa aja ngelindur. Istilahnya “Kurang Aqua” *Sorry ini bukan iklan. Mengigau atau sleep-talking adalah berbicara di luar kesadaran saat terlelap tidur. Mungkin sekedar bergumam, menggerutu, atau sekedar berucap yang tidak bermakna. Mungkin juga berupa monolog, berbicara sendiri yang bisa dimengerti dan membentuk sebuah narasi. Bisa juga berupa dialog, seakan-akan ada lawan bicaranya. Ngelindur atau yang dalam istilah medis disebut somniloquy merupakan parasomnia, yaitu perilaku yang tidak normal yang dilakukan tanpa sadar saat tidur.

Nah, di saat seseorang mengigau atau ngelindur, bola matanya akan berputar dengan cepat. Cobalah buktikan sendiri, jika kebetulan orang yang tidur di samping kamu sedang mengigau, bukalah kelopak matanya. kamu akan mendapatkan bola matanya berputar-putar. Inilah yang disebut tidur jenis REM (Rapid Eye Movement). Tidur jenis ini, selain mengeluarkan suara, sering juga disertai gerakan anggota tubuh seperti memukul, menendang, bahkan berjalan sambil tidur atau mbangkrong.

Penyebab orang ngelindur biasanya karena kelelahan yang luar biasa, kurang tidur, atau bisa juga kayak ada beban psikologis yang berulang-ulang dipikirkan jadi kebawa-bawa hingga tidur.

Pernah mengalami ngelindur? eerghhh, saya sih pernah. Biasanya saya malah ngelindur kalo diajak bicara lewat telepon dalam keadaan saya capek berat. Berikut ini cerita ngelindur saya yang kebetulan saya inget dan bikin saya ketawa cekikikan kalo inget.

Ceritanya saat itu saya emang udah niat tidur jam 10 malam karena udah ngantuk berat, tapi ketika saya bilang ke abang kalo saya mau tidur malah yang disana minta ditemenin ngobrol. Yowis ditemenin ngobrol dalam keadaan saya yang udah teler.

Kondisi saya udah pelukin guling, mata merem-melek karena nahan kantuk.

Saya : “Tadi kamu makan apa bang?”

Abang : “Makan bebek lah, aku kan beli bebek buat stok sampe tiga ratus rebu”

Saya : “Hoo..iya ya. Enak tinggal dipanasin”

Abang : “Iya, nanti kalau mau makan tinggal ngambil aja terus dipanasin”

Saya :(mulai ngaco, yang dipikiran kebayang-bayang beli ice cream matcha di alfamart) “Iya, nanti kan gampang kalau mau panasin tinggal ke alfamart”

Abang : “Hah??! Apaan sih neng?”

Saya : “iya tinggal dipanasin di alfa….mart” *tiba-tiba sadar kalau saya mulai ngaco.

Abang : “Alfamart??”

Saya : “Ergghhh..lupakan bang” *mata langsung melek.

Cerita lainnya.

Masih di waktu yang sama, dengan memeluk guling yang sama *kapan gantian melukin suami sendiri ya *bapeeer.

Saya : “Akuu udah ngantuk nih bang”

Abang : “Tunggu dulu lah, bentar lagi”

Saya : “Iya deh, ini aku udah melukin guling tau”

Abang : “Iya sementara peluk guling aja dulu, kan enak”

Saya : “Iya ini udah enak, melukin satpam” *sambil makin erat melukin gulingnya.

Abang : “Hahhh?! apaan?!”

Seketika saya sadar mulai ngaco lagi bicaranya.

Saya : “Errggh..nggak jadi bang. Tadi kayaknya aku ngelindur pas bilang melukin satpam”

Duaaaarrr, hahahahaha. Aslii ini parah banget ngelindurnya. Dan kenapa juga saya bilang “melukin satpam”?! ada apa dengan “satpam” ada afaahhh. Mungkin ya kalo nanti saya punya suami dan saya ngomong ngaco saya harap pasangan saya maklum kalo saya suka ngelindur. Tapi kok ya saya jadi horror sendiri ya, kalo kelak saya ngelindur malah nyebut nama mantan gimana cobakk?! *kemudian dengerin lagu Geisha-Lumpuhkan lah Ingatanku (lagu kebangsaan untuk melupakan mantan pacar).

“lumpuhkanlah ingatankuu hapuskan tentang diaaa…hapuskan memoriku tentangnyaaah”

 

18 thoughts on “Ngelindur

  1. Wahaha saya nggak pernah ngelindur. Cuma satu kekurangan saya, terlalu lama tidur. Orang normal biasanya 7-8 jam tidur, bangun pasti seger. Lha saya suka kebablasan sampai 10 jam tidurnya ha ha ha…….

    1. Astagaaa kok bs tdur smp 10jam?!
      Aq malah kyak punya alarm tubuh sendiri. Jdi udh pasti kebangun jam 5 pagi, walaupun kurang tdur. Dan alarm blm menyala. Hehehe
      Mgkn bs kasih tips 😛

      1. Ini ngikutin saran dokter buat minum obat tidur. Dulunya sih sulit sekali tidur. Pas tidur paling cuma 4 jam saja. Lha sekarang minum obat tidur malah sering kebablasan ha ha ha *curiga sama dokternya jangan2 salah ngasih resep.

  2. aku kalo udah kecapean pasti ngigo. Nah biasanya paling takut sama karyawisata krn nginepnya rame sama temen-temen, ntar di cengin kalo ngigo yang aneh :p

Tinggalkan Balasan

