Diposkan pada life

Nasihat Pernikahan

Walaupun saya belum pernah menikah tapi setidaknya saya mencoba banyak belajar tentang pernikahan. Sahabat dan beberapa teman saya sudah banyak yang lebih dulu “mendahului” saya. Tidak sedikit curhat mereka yang dapat saya jadikan pembelajaran untuk ke depannya. Beberapa di antara mereka ada yang menjalani pernikahan bahagia, tapi tidak sedikit pula pernikahan yang terpaksa harus diakhiri. Gagal menikah di usia muda, sedih kah? Tentu ya. Saya saja yang mendengar cerita dari mereka yang gagal ikut merasakan sedih dan merasa bahwa pernikahan itu nyatanya tidak semudah yang saya bayangkan.

Padahal tadinya dibayangan saya menikah itu damai, bebas dari rasa galau diPHPin, nggak lagi bingung cari pundak untuk menangis, nggak bingung cari pertner kondangan *gue bangeet tiap kondangan bingung cari partner, terus yaah intinya kalau menikah itu berati bahagia. Ehh ternyataaa, melihat mereka yang sudah menikah malah bilang “Puasin idup lo dulu deh Syer” atau “Duuhh asal lo tau,gue aja kangen masa-masa single”. Masa sih sesulit itu? entah lah karena saya belum pernah menjalaninya.

Eniwei, saya suka banget liat wedding clip orang-orang di youtube. Ada satu chanel yang saya suka, bukan pesta yang diliput terkesan wah. Bukan..tapi karena pembuatnya membuat moment yang terekam menjadi indah, yaitu moment nasihat pernikahan. Berikut ini nasihat pernikahan yang saya suka, bahkan nggak jarang bikin saya “meleleh”.

Berikut kutipan nasihat pernikahan “Sheilma&Gania”
-Pernikahan adalah sunah rosul yang pertama. Pernikahan juga merupakan suatu rangkaian ibadah terpanjang dalam kehidupan sebuah keluarga muslim. Sebab segala kebaikan yang kita perbuat dalam sebuah kehidupan berkeluarga akan menjadikannya ibadah sekecil apapun yang kita perbuat.-

Berikut kutipan nasihat pernikahan “Riza&Dita”
-Niatkan bahwa nikah saat ini semata-mata adalah untuk mengabdi kepada Allah, untuk ibadah kepada Allah, tidak ada niat lain. Kita menikahh bukan karena ingin kekayaan, kita menikah bukan karena ingin kecantikan, kita menikah bukan ingin apa-apa, tapi semata-mata ingin mengabdi kepada Allah SWT.
Setelah nanti terucap ijab dan qabul, Engkau akan menjadi suami. Suami harus memiliki sifat Saja’ah. Apa artinya Saja’ah? berani. Berani untuk melakukan kebenaran, berani untuk memimpin istri. Ingat Rasul berkata perempuan itu ibarat tulang rusuk. Kalau dia diluruskan dengan kasar, dia akan patah. Kalau dia dibiarkan pun, dia akan bengkok. Oleh karena itu nasehati istrimu dengan baik, Insha Allah kau akan menjadi suami yang dituruti dan ditaati oleh istrimu. Pada saat ini Allah memberikan tugas kepadamu, memberikan kewajiban kepadamu untuk melaksakan. Kamu harus bisa menafkahi istrimu, kamu harus bisa mendidik istrimu dan juga kamu harus bisa memimpin rumah tanggamu agar mereka ada di jalan Allah.-

Berikut kutipan nasihat pernikahan “Nadia&Rifki”
-Nikah dapat melahirkan sejumlah hak. Kita punya hak-hak tertentu dari istri atau suami, tapi jangan lupa nikah pun melahirkan sejumlah kewajiban. Biasanya sebuah rumah tangga menjadi tidak harmonis kalau istri atau suami cuma menuntut hak tapi tidak melaksanakan kewajiban. Tumbuhkan diantara kalian semangat ta’awud, budaya saling tolong menolong. Rajin, serius, sungguh-sungguh menolong istri atau suami. Kreatif menyenangkan istri, menyenangkan suami adalah langkah penting untuk melestarikan cinta dan kasih. Rumah tangga adalah bagian dari kehidupan duniawi. Kalau kalian berhadapan dengan ujian yang sangat berat, Rasullullah SAW mengingatkan jangan putus asa. Masih ada Allah yang Maha Perkasa, Yang Maha Penolong, Yang Maha Kasih Sayang. Nabi mengatakan bangunkan istrimu di penghujung malam dengan penuh kasih sayang, bangunkan suamimu di penghujung malam dengan kasih sayang. Dan kalian pasti tahu kehidupan duniawi tidak hanya diwarnai oleh senyum gembira, suka, tetapi sering-sering kita harus siap dengan ujian dan cobaan, tantangan bahkan kadang-kadang kita harus siap berhadapan dengan badai dan topan kehidupan. Kalian harus ingat kesuksesan dalam membangun rumah tangga sangat tergantung pada kemampuan kalian dalam menghadapi dan menyikapi kesulitan demi kesulitan.

 


-Rumah tangga adalah merupakan perjalanan yang panjang, mudah tapi banyak juga orang yang mengatakan sulit. Buktinya apa? Pada saat ini tidak sedikit orang-orang yang melaksanakan pernikahan dengan biaya yang sangat besar akan tetapi hanya bertahan tiga atau empat bulan saja. Karena apa? Karena mereka tidak bisa mengendalikan rumah tangga. Oleh karena itu bimbinglah istrimu dengan baik, nasihatilah istrimu dengan baik, insha Allah engkau akan menjadi suami yang dituruti dan ditaati oleh istrimu. Kalau seandainya kita ingin mendapatkan ridho dari Allah, berbaktilah kepada kedua orang tua kalian dengan baik, karena ridho Allah adalah Ridho orang tua.-


Berikut kutipan nasihat pernikahan “Acin&Yoga”
-Nikah dalam islam tidak hanya menghalalkan perbuatan yang semula haram tapi nikah bisa mengharamkan sejumlah perbuatan yang semula halal. Di satu sisi nikah dapat melahirkan sejumlah kebebasan, nikah dapat melahirkan sejumlah hak. Kita juga punya hak-hak tertentu dari istri atau suami kita tapi juga tidak lupa nikah melahirkan sejumlah kewajiban.-

————————
Bagi yang sudah dan sedang menjalankan pernikahan memang tidak mudah, banyak cobaan, banyak hal yang harus dibereskan, disatukan, dibenahi. Pernikahan memang tidak melulu menjanjikan ending happily ever after seperti di akhir cerita cinta dongeng. Tapi saya harap bagi teman-teman yang sudah menikah, semoga kalian selalu saling mencintai, memahami dan menghargai. Untuk yang sudah berpisah atau berproses perpisahan, saya harap kegagalan tidak akan membuat kalian trauma untuk membangun kembali komitmen pernikahan. Percayalah, Allah sudah menakdirkan jalan hidup baik buruknya seorang manusia
—–


Untuk kamu, jodoh saya kelak..saya memang tidak bisa menjanjikan apa-apa untuk kamu. Saya juga nggak tau apakah nantinya saya bisa menjadi istri yang baik dimata kamu, apakah kamu cukup puas dengan keadaan saya baik lahir maupun batin, saya juga nggak tau apa kamu kelak mampu menoleransi keadaan saya baik ketika saya senang maupun sedih, saya nggak tau. Tapi jika kelak kita bertemu dan disatukan, semoga saya bisa menjadi istri yang cukup baik menurut versimu, semoga saya bisa jadi istri yang patuh terhadapmu dan mampu mengesampingkan sifat keras kepalaku selama ini, semoga saya bisa menjadi menantu yang baik untuk bapak dan ibu kamu, menjadi ipar yang rukun dengan kaka atau adikmu, saya harap saya bisa jadi ibu yang baik dan mampu mendidik anak-anak kita nantinya. Dan satu lagi, saya harap bisa mensyukuri apa adanya diri kamu, jelek-buruknya sifat kamu, fisik kamu, nafkah lahir dan batin dari kamu. Saya nggak minta sesuatu hal yang ketinggian, saya cuma minta bimbing dan bantu saya untuk menjadi yang terbaik yang kamu miliki di sisa umur kamu.

Iklan

Penulis:

Bininya Masbeb, suka masak, dramaqueen, hobi nonton horror

19 tanggapan untuk “Nasihat Pernikahan

  1. Prinsipnya orang-orang yang setipe akan cenderung untuk bersama. Jadi ya kemungkinan jodohmu ya setipe denganmu. Jikapun kepribadiannya berbeda, kemungkinan visi, atau prinsipnya akn sama. Sehingga tujuan hidupnya akan sama, atau paling tidak, searah.
    Ngomong-ngomong, ada baiknya hadiri dauroh atau kajian-kajian tentang pernikahan selagi belum nikah. Lumayan untuk bekal ilmu saat menikah kelak.
    Baarakallahu fiika.

  2. Aku play semua video diatas dan semua nya mengharukaaan *kemudian kepengen nikah*
    Asli lah kalau lihat video ijab qabul sampai detik ini pun selalu terharu.

    Semoga cepat ketemu jodoh yang tepat ya neng syeraa ❀

  3. Duh, malam malam baca ginian jadi baper *jodoh mana jodoh, haha* bener kata kebanyakan temen, jodoh itu datang ada waktunya, selama belum ketemu dinikmatin aja waktu saat ini syer, masih bisa jalan jalan, masih bisa beli ini itu dan belum ada prioritas.

    1. Haii salam kenal juga mbaa amel πŸ™‚

      Smoga utk yg sudah menikah bisa kembali mengingat apa esensi dari sebuah pernikahan, biar kembali jatuh cinta terhadap pasangannya.

  4. Menikah itu ibarat bercocok tanam, tak semua benih bisa tumbuh di setiap ladang dan tak setiap waktu cocok untuk bercocok tanam. Kombinasi antara benih, ladang, dan waktu tanam yang tepat akan membuahkan hasil yang teramat manis pada akhirnya. Jadi? carilah yang tepat karena yang tepat itu tidak selalu berarti yang sempurna.
    *duh kok jadi sotoy begini, padahal saya pun juga belum nikah πŸ˜€

        1. Ahhh ilaaah feeb…cantik blm cukup.
          Jodoh aq lg di kapal pertamina, cri uang yy banyaaak
          *berdasarkan ramalan fesbuk wkwkwkw jodoh scorpio di pertamina.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s