Diposkan pada life

Sekilas Tentang Gigi

img_20160319_085631.jpg
Ini Gigiku *abaikan mukanya

Si Mama itu kalo kasih nasihat soal cari pasangan ada aja hal ajaibnya. Misalnya………….. “Syer, kalo cari calon suami jangan yang giginya tonggos. Nanti nurun ke anak kamu.”. Iya kan, segala gigi pula si Mama nasehatin. Kata Mama struktur gigi itu ngaruh sama keturunan nanti. Bahkan bentuk bibir juga *Duileeeh aya-aya wae si Mama. Sebenarnya antara bercanda atau serius pokoknya deh nasihat beginian dari Mama. Masalah gigi, kebetulan di keluarga inti kami alhamdulillah punya susunan gigi yang rata. Cita-cita ngegaya ala anak ABG yang berbehel pun say goodbye aja deh *padahal dulu kan berasa gahul gituuuu kalo behelan. Eh Mama malah ngomelin “Ngapain sih gigi pake dibehelin segala, jelek tau. Kamu tau ga yang behelan itu giginya ga rata, jelek. Udah syukurin aja gigi kamu udah bagus” *kemudian ngaca liatin gigi *eh ada cabe nyempil.

Dulu sewaktu kecil gigi saya termasuk nggak bagus, reges gitu deh banyak hitamnnya karena jarang disikat giginya dan banyak makan permen. Untungnya itu terjadi di gigi susu. Masih inget nggak soal Gigi Susu?! bukan gigi seputih susu yahh. Jadi gigi susu adalah gigi yang tumbuh pertama kali pada manusia, seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, gigi susu ini akan digantikan oleh gigi permanen. Biasanya gigi susu mulai tumbuh sejak usia 6, 7 atau 8 bulan, dan gigi yang pertama tumbuh adalah gigi seri pada rahang bawah. Gigi ini akan tumbuh lengkap ketika manusia berusia 2,5 – 3 tahun. Kemudian akan tanggal satu per satu sejak usia 6 tahun dan mulai digantikan oleh gigi permanen. Gigi susu berjumlah 20 buah seluruhnya yaitu 8 Gigi seri, 4 Gigi taring, dan 8 gigi premolar. Pada anak kecil rata-rata giginya reges alias karies kenapa sih? ya karena email gigi susu lebih tipis dibandingkan gigi tetap karena itu tidak mengherankan bila
gigi susu sangat mudah mengalami karies. Sama halnya dengan gigi tetap, gigi susu secara umum berfungsi membantu proses pencernaan, pengucapan, dan estetika. Di samping itu, fungsi istimewa yang tidak dimiliki oleh gigi tetap adalah sebagai petunjuk gigi tetap agar kelak tumbuh (erupsi) pada tempatnya dan menjaga pertumbuhan lengkung rahang.

Bila gigi susu tanggal sebelum saatnya, baik karena karies ataupun dicabut,
gigi tetap yang akan tumbuh tidak mempunya petunjuk sehingga sering salah
arah dan rahang yang ditinggal gigi susu jauh sebelum saatnya. Ini akan
mengalami penyempitan sehingga tidak cukup untuk menampung semua gigi dalam susunan yang teratur. Akibatnya, susunan gigi-geligi menjadi crowded (tidak beraturan). Nah makanya kenapa ada yang beberapa di antara kalian yang struktur giginya berantakan, kemungkinan selain faktor keturunan bisa jadi karena gigi susu tanggal sebelum waktunya.

Dan seiring berjalannya waktu, saya baru ngeh kalo ternyata gigi itu termasuk bagian penting dalam hidup manusia. Ya nggak usah jauh-jauh deh, kalo mau punya senyuman maut………jaga lah gigi kamu. Iya gigi, nggak usah jauh-jauh. Kamu ilfeel nggak kalo liat gebetan senyum terus liat jigong gitu di giginya, kalo saya sih pasti ilfeel, huahahahaha. Apalagi kalau udah membatu alias berkarang, eerghhh. Selain gigi yang berkarang, masalah gigi lainnya seperti rahang atas yang maju atau biasa disebut tonggos juga berpengaruh sama senyuman seseorang. Faktor bentuk rahang maju ada dua, faktor keturunan yang emang nggak bisa dihindari alias yaudaaah itu mah takdir lo, terima nasib. Faktor lainnya adalah kebiasaan buruk saat kecil. Contohnya kebiasaan bernafas lewat mulut, menghisap jari, dan bisa juga karena proses penelanan yang salah (makan sambil dikemut-kemut salah satu contohnya). Makanya Mama saya bawel banget kalo lihat saya dulu apa-apa pake gigi, buka segel makanan pake gigi atau gigit-gigit pencil. Bisa disentil sama Mama. Padahal dulu kayak gitu kan terasa asik yak, maksudnya gigit-gigit jari atau pensil *berasa imuuuutt hahaha.

Gigi yang terlanjur berantakan, rahang maju, atau jigong yang membatu bisa dibenerin nggak sih? Ya bisa laaah, kalo kata dokter gigi “Apaaa sikkk yang nggak buat kamuuuuu” *Ceileeeh. Saya sendiri setahun sekali ke dokter gigi, walau anjurannya sih enam bulan sekali yah. Tapi berhubung dokter langganan jauh, setahun sekali untuk perawatan cek tambalan gigi dan scalling gigi saya rasa cukup. Iya, gigi saya banyak bolong nih *ngakuu..akuu ngakuu. Bolongnya di bagian geraham, akibat kadang abis mandi udah sikat gigi terus makan abis itu mau tidur males sikat gigi lagi hehe.Takut nggak ke dokter gigi? nggak sih, mungkin karena dokter gigi saya udah kayak kaka sendiri. Kemarin pas perawatan aja malah curcol, lain waktu waktu lagi ditambal malah sempet ketiduran *yaoloooh, saya pelor banget..nempel molor Hahahaha. Sampe dokternya mesti nepuk-nepuk pipi saya karena posisi saya mangap lagi ditambal apa di bor gitu tapi mata malah merem, hahahaha.

Umumnya gigi yang berantakan dan rahang maju bisa diperbaiki dengan cara dipagerin alias dipakein kawat gigi. Untuk prosedurnya silakan tanya ke dokter gigi ya. Penting nggak sih memperbaiki struktur susunan gigi? Kalo saya sebagai orang awam ya menurut saya penting sih ya, kadang saya suka iseng ke temen saya yang giginya nggak rapi dengan cara ngeliatin banget giginya pas dia ngomong sama saya. Nah loh, iya beneran deh saya tuh suka liatin ada karang giginya atau nggak, kalo banyak karangnya tuh suka spontan buat bilang “Ke dokter gigi deh,karangnya banyak tuh” *Abis itu diomelin temen huaahaha seenak-enaknya nyuruh orang ke dokter gigi pas lagi ngobrol. Hahaha. Saran saya sih kebanyakan nyuruh temen buat scalling bukan buat pake behel, karena tau behel itu mahal dan perlu ditangani sama dokter gigi yang ahli, bukan sekedar abang-abang tukang gigi dipinggir jalan.  Tapi saya pun suka takjub kalo liat gigi teman saya yang dulunya berantakan terus udah rapi berkat kawat gigi dan ngiri pengen pake jugaa *digaplok nyokaap!

Gimana dengan gigi ginsul? well, berhubung banyak artis bergigi ginsul, kalo diliat-liat manis juga *ituu loh kayak dek NABILA JKT48. Tapi kepengen nggak? saya nggak, hehe cuma seneng aja liatnya. Ummm, apa lagi ya? ahh pernah ilfeel soal gigi?! pernah bangeet. Ada temen saya cewe yang karang giginya buanyaak banget karena mungkin selain males sikatan gigi, terus giginya berantakan. Jadi kalo ngobrol sama teman saya itu rasanya pengen bawa dia ke dokter buat bantuin abisin semua karangnya. Terus yah pernah waktu SMA pacaran sama cowo yang juga karang giginya banyak, hahaha. Rada ilfeel dan bikin saya ogah deket-deket sama pacar sendiri *anggap aja dulu khilaf *maafkan aku ya mantan.

Enihoo karena sekarang udah sadar bahwa punya gigi bersih itu penting banget, makanya beneran dijaga dan dirawat, kadang kalo abis makan pun saya ngaca untuk memastikan bahwa nggak ada cabe yang nyelip *mana tau abis makan ketemu jodoh kan *teteuuupppp. Untuk sikat gigi pun, saya pake sikat gigi anak kecil dengan alasan lebih menjangkau rahang gigi saya. Seriusan saya pakenya sikat gigi untuk anak 3-5 tahun *pengakuan lagi, hahaha. Kembali ke cerita soal gigi, ternyata walaunya kadang tampak nggak penting, sadar atau tidak bagian kecil dari tubuh manusia ini turut mempengaruhi penampilan seseorang. Seseorang belum dikatakan rapi kalau pas senyum ealaaah banyak jigong yang membatu, atau pas lagi ngobrol nafasnya berbau karena banyak gigi yang bolong dan belum ditambal. Senyuman manis seseorang juga ternyata dipengaruhi oleh faktor gigi, semakin rapi giginya apalagi cowo, apalagi brewokan kayak Adam Levine atau Ryan Gosling ahhh yaudaaah eneng mah pasraaah ajaaaahh *muka diraupp air..eliing neng…eliiiing.

757ff7511dceda6162f44cf0cb3dfec4
Gigi Babang Adam Rapi

8f9c947b0698bb2575c03b1ffb9410de
Aku Padamuu Bang Ryan!

image
Cetreekk!

Yaudah lah ya cerita soal gigi, pesan saya…jangan lupa sikat gigi yang bersih, rajin ke dokter gigi buat scalling alias bersihin karang gigi, biar senyum manis dan kalo mau cium pasangan nggak bikin ilfeel *laah mikirnya kejauhan *uwaauwww.

Penulis:

Bininya Masbeb, suka masak, dramaqueen, hobi nonton horror

38 tanggapan untuk “Sekilas Tentang Gigi

  1. Aku termasuk yg pernah kawat gigi katena gigiku kedesak sama gigi bungsu jadi gak rata. Tapi beneran deh gigi itu emang harus rajin dibersihin n rawat klo gak sekalinya sakittt buat mood berantakan. Soale bisa kemana2 sakit pala lah, sinus, pundak pegel dll … Pengalaman soale .gigimu bagus Syer.. 😉

    1. Hihi iya mbaa, klo gigi udah sakit ngaruh ke mood. Makanya klo ada org yg sensi trs sampe diem2an pasti dikira sakit gigi.
      Atau ada pilihan “mending sakit gigi atau sakit hati” karena sama2 bikin peniing.
      Eniwei, lamanya org pake behel itu tergantung masalahnya ya kak?
      Krn temanku pake behel tahunan sampe dia bilang klo dia udh capek banget dibehel tapi belum boleh lepas sm dokternya 😦

  2. Dari kelima anggota keluarga kami, yg giginya beres cuma aku & mamaku aja kak 😂 papaku giginya berantakan dikit, si bungsu bagian belakangnya ga OK, nah si tengah nih yg parah ampe perlu dibehel. Temenku juga gitu. Lamanya pemakaian behel tergantung banyaknya + parahnya gigi yg rusak makanya ada yg cuma hitungan bulan ada jg yg hitungan tahun.
    Kalo gigi ga dirawat bisa sakit berkepanjangan kak, paling parah bisa kanker mulut krn kuman/bakteri dimana2. Berhubung aku diet sehat dr tahun 2010 udah terbiasa gak makan yg aneh2, terlalu panas/dingin/manis/asin gigi lgsg ngilu. Keuntungannya skrg gigi jadi tambah kuat sih. Btw Pepsodent gamau endorse gue apa ya. Odol setahun 😂

    1. Gileee gege lengkap infonya ge..
      Iya kan gigi itu strukturnya bisa menurun bahkan bisa digunakan dalam keperluan forensik ge.
      Kalo aq problemnya cuma masih kadang males sikat gigi abis makan ge.

  3. Wah, ngebaca postingan ini, jadi inget cerita taun lalu, saat gigi geraham belakang harus dicabut karena sudah lubang dan tidak bisa ditambal lagi, hiks. Ngilunya bukan main.
    Btw, kalau gigi banyak karangnya bukannya menambah kekokohan gigi, karena bukannya batu karang itu kuat dalam menahan debur ombak, wekekekekeke

    1. Hahahaha, kalo itu karangnya di laut mungkin yaa.
      Tapi kalo karangnya di gigi sih mengikis gusi kalo didiamkan hehehe.
      Iya geraham paling belakang sebenarnya “nggak berguna” bahkan dokter gigiku juga menyarankan dicabut aja daripada cuma jadi pajangan dan bikin bolong mulu.

  4. Syeraaa..bacanya berasa aku ada di jaman kuliah dulu. Bhahahaa..maklum saya dokter gigi yg sdh pensiun terlalu dini ;))
    Gigi kamu emang udah baguuss, yg mau dibehel apanya?? Aku lg perawatan ke dokter gigi, 1bulan blm balik lagi. Ya begini ini kalo si dokter gigi teman sejawat sendiri. Duh..ngeremehin perawatan deh. Syera ngingetin aku utk balik lg ke dokter gigi..haha..thanks anyway 😉

  5. giginya Syera baguss bangettt… aku nih pake behel gak copot2 juga.. cape Syer pake behel, berasa ada yang ganggu banget didalam mulut.. walopun karena lama sudha terbiasa.. tapi emang gigiku itu gak rata banget gara2 banyak ompongnya hahaha.. jadi longgar giginya.. makanya kudu pake behel..

    1. Iya mba, temenku juga bilang cape pake behel tapi karena itu masih perawatan mesti tetep dipake.
      Udah berapa tahun kak behelan?!
      Temenku udah lebih dari lima tahun 😦

  6. Syeraaaa… salken yaaaa… gw sering baca2 postingan u tp bru kali ini nongol hahaha..

    gw termasuk yang pake behel waktu dulu.. gw pake behel pas dr kelas 6 SD n gw copot na pas SMA kelas 2.
    dan itu pun gw yg lepas sendiri karna gw dah ga betahhhh. asli pake behel itu nyiksa pake banget syer. hahaha..

    yg seru na ya itu bisa ganti karet na warna warni. hahahaha.. tp jangan harap pas bagian di tarik itu sakit na ya owoooo. bisa sampe ga makannnnnn..

    n u know what kenapa gw lepas, karna ternyata dokter gigi gw itu ternyata dokter GUSI.. Pantes aja ga bener2 ni gigi. di tarik2 molo.. nyesel bangetttt.. gw tauna dr dokter gigi yg laen. dan si dokter gigi yg bru nanyain mau ga lanjut lagi pake. gw OGAHHHH.. sakitna itu looo

    eh tapi sekarang jadi nyeseeeellll karna gigina udh mulai balik lagi. hiksssssssss.. jdi kepikiran pake behel lagi. 😦

    syera gigina bagusssss bangetttt. cantik lagiiii 🙂

    -siska-
    zeesskaa.blogspot.sg

    1. nahh iyaa beneer banget, aq tergoda karena bisa ganti-ganti karetnya. cuma sm mama dibilangin ngapain pake behel kalo gigi ga kenapa2.
      *dasar pengen ngegaya aja hehehe

      eniwei tmnku sndiri yg kakaknya dokter gigi, malah pernah salah pasang behel juga di dokter lain dan smp hrus ngulang perawatan.
      tmnku ga pasang di kakaknya krn posisi tmnku di makassar sdgkn kakaknya di bekasi jd jarang ketemu dan akhirnya pasang di dokter gigi lain. giliran udh pasang eh salah dong, jdinya ngulang.
      ga kebayang ditarik2nya kayak apaan ya?

      1. iyaaa ganti2 karet na itu yg bikin hepi syer. hahaha.. gw paling sneng banget krn bisa request smua warna. LOL.. 😀

        Tapi dlo pas pertama kali pake itu sakit na ya ampunn, sampe ga bisa makan. 😦

        kalo case aku, bawahna agak maju dikit jdna kan harus d tarik k dalem.. jadi dia tu ad lagi semacem karet gtu (ga tau apa sebutna) jadi kaya ad bbrp gigi gtu trus di kencengin na pake si karet itu. hahaha.. aseli bingung jelasin na.. tpi itu beneran nyiksa tiada taraaa 😦

        trus karna dokter gigi ak kan ternyata dokter gusiii,, pas dokter gigi yg bru buka behel na. gigi yamg paling belakang jadi bolong. hikssss. sedih bangetttt… mending 1.. ampe 4 apa 5 gtu.. *nangis guling guling*

Tinggalkan Balasan

