Shio

12-shio-cina

Sebenarnya iseng aja nulis ini, dan jujur engga gitu mengerti dunia perShio-an. Hanya saja, berhubung saya bekerja di perusahaan yang pemiliknya tionghoa-Indonesia jadinya sedikit banyak ngerti dikit lah bahwa katanya sih Shio itu cukup berpengaruh.

Shio adalah simbol binatang cina yang mewakili 12 siklus tahunan. Mereka mewakili konsep siklus waktu, tidak seperti konsep waktu Barat yang diwakili dengan bintang-bintang. Kalendar Bulan Cina dibuat berdasarkan siklus dari bulan, dan dibangun dalam format berbeda dari kalendar Barat yang berbasiskan Matahari. Dalam kalendar Cina, awal tahun dimulai antara akhir Januari dan awal Februari. Cina mengadopsi kalender barat sejak tahun 1911, meskipun kalendar lunar (berbasiskan bulan) masih digunakan untuk acara-acara festival seperti Chinese New Year atau yang lebih dikenal dengan Imlek.

Dalam adat Cina tradisional, metode penanggalan adalah berdasarkan siklus, siklus berarti sesuatu terjadi berdasarkan siklus waktu. Metode rakyat yang populer dimana kita dapat melihat metode siklus ini adalah perekaman tahun ke dalam Dua Belas Tanda Binatang. Setiap tahun di tandai dengan nama binatang atau “shio” sesuai dengan siklus yang berputar : Tikus, Kerbau, Macan, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing dan Babi. Oleh karena itu, setiap dua belas tahun binatang atau shio yang sama akan muncul. Shio bisa digunakan sebagai perhitungan untuk melihat rezeki, keberuntungan, bahkan jodoh. Tidak hanya melalui zodiak, ternyata masalah percintaan pun bisa dilihat dari shio. Catet, Jodoh sist 😀

Legenda Shio

Menurut legenda tradisional Cina, ke dua belas binatang dikumpulkan dalam satu hari untuk menentukan siapa yang menjadi pemimpin dalam siklus pertahunan. Sang Khalik membuat kontes tersebut: siapapun yang dapat menyeberang sungai akan mendapat giliran pertama, dan sisanya akan mengikuti urutan sesuai dengan kedatangan mereka.

Pada awalnya kedua belas binatang berkumpul di dalamnya termasuk kucing. Kucing memberitahu berita ini kepada teman baiknya si Tikus, dan mereka setuju untuk pergi berdua keesokan harinya. Namun, ketika hari dimana kontes dimulai Tikus tidak membangunkan Kucing, yang sebagai seorang kucing senang sekali tidur sepanjang hari. Maka itu kucing tidak mengikuti lomba dan tidak masuk dalam siklus tahunan shio.

Pada saat kompetesi, tikus yang penuh akal menumpang pada si Kerbau yang kuat dan gagah untuk menyeberangi sungai. Ketika kerbau sudah mau meloncat ke tepian seberang sungai, tanpa sepengetahuan Kerbau, si Tikus meloncat dari punggung kerbau, dan menjadikan dia pemenang kontes. Binatang terakhir adalah binatang malas yaitu Babi yang pemalas, oleh karena itu Tikus menjadi tahun pertama dari siklus shio, dan diakhiri oleh babi tanpa adanya shio Kucing dalam dua belas siklus tahun itu. Dan oleh karena itu juga, menurut legenda, permusuhan antara kucing dengan tikus dimulai dan masih berlanjut sampai sekarang.

Cekidot 

Mengingat obrolan saya dengan teman saya di kosan soal shio, jadi iseng-iseng cari informasi mengenai hal ini. Bisa jadi kegagalan saya karena shio saya ciong dengan shio si mantan *Ohhh Shioo beri saya petunjuk 😀

1. Shio kambing

Tahun lahir: 1919, 1931, 1943, 1955, 1967, 1991, 2003, 2015
Kepribadian: Baik, sensitif, sopan, kreatif. Selain sering merasa salah tingkah dihadapan orang lain, Shio Kambing dapat menjadi teman yang menyenangkan. Kamu sangat elegan dan artistik namun menjadi yang pertama dalam memberikan komplain apapun. Singkirkan rasa pesimisme dan kekhawatiran dan coba untuk menjadi tidak tergantung terhadap kenyamanan materi. Mereka yang bernaung di bawah shio kambing tergolong memiliki sifat manja dan tergantung pada pasangan. Mereka adalah sosok yang menarik dan easy going, di satu sisi mereka sangat menyenangkan sekali sebagai pasangan. Tetapi pasangan harus mau memberikan sesuatu yang lebih tanpa meminta balasan jika berhubungan dengan shio kambing ini, karena pada umumnya ia lebih sering meminta daripada memberi.
Pasangan terbaik: Shio kelinci, shio kuda, dan shio babi.
Yang harus dihindari: Shio kerbau dan shio anjing.

2. Shio monyet

Tahun lahir: 1920, 1932, 1944, 1956, 1968, 1980, 1992, 2004, 2016
Kepribadian: Lucu dan cerdas. Kamu sangat pintar, karena sifat alami kamu yang luar biasa dan personalitas yang menarik, kamu sangat disukai. Monyet, bagaimanapun juga, harus menjaga agar tidak menjadi orang yang oportunis dan tidak dipercaya oleh orang lain. Shio kamu menjanjikan kesuksesan disegala bidang yang kamu coba. Mempesona dan selalu tampil ceria, energik dan menyukai petualangan. Begitulah mereka yang bernaung di bawah shio monyet. Karena suka akan petualangan dan tantangan, mereka cenderung sulit untuk bertahan lama dengan satu pasangan, apalagi jika pasangannya tak sesuai dengan keinginannya.
Para shio monyet ini memiliki selera humor yang tinggi, sangat menarik dan selalu lucu, sehingga semua orang betah berada di sampingnya. Tetapi jauh di dalam lubuk hati si shio monyet, mereka adalah sosok yang romantis dan pecinta.
Pasangan terbaik: Shio tikus, shio naga, dan shio ular.
Yang harus dihindari: Shio Macan, dan shio babi.

3. Shio ayam

Tahun lahir: 1921, 1933, 1945, 1957, 1969, 1981, 1993, 2005, 2017
Kepribadian: Bebas dan tepat waktu. Ayam adalah pekerja keras; tegas dalam mengambil keputusan juga jarang mengutarakan pemikiranya. Oleh karena ini, kamu cenderung menjadi ekslusif terhadap orang lain. Kamu adalah pemimpi, pemilih busana yang baik dan ekstravaganza. Penggoda, penuh percaya diri dan emosional, ketiga hal tersebut paling cocok menggambarkan shio ayam. Mereka cenderung tak mau disaingi dan selalu ingin lebih unggul dari orang lain. Mereka sosok yang keras kepala dan tidak mudah diyakinkan, untuk itu sekali mereka tersinggung dan kecewa akan sulit baginya untuk memaafkan mereka yang telah berbuat salah.
Pasangan terbaik: Shio kerbau, shio naga, shio ular
Yang harus dihindari: Shio tikus, shio kelinci, dan shio anjing.
4. Shio anjing

Tahun lahir: 1922, 1934, 1946, 1958, 1970, 1982, 1994, 2006, 2018
Kepribadian: Jujur dan setia. Anjing tidak pernah mengecewakan kamu. Lahir dalam shio ini kamu sangat jujur, dan setia orang yang kamu cintai. Kamu selalu merasa khawatir, perkataan yang tajam dan cenderung mencari kesalahan.  Shio Anjing adalah sosok setia dan pasangan sejati. Jika mereka mencintai seseorang mereka rela berkorban nyawa dan segala yang mereka punya demi orang tersebut, mereka juga pekerja keras.
Yang bernaung di bawah shio anjing cenderung sangat setia, pengertian, lembut dan manja.
Pasangan terbaik: Shio macan, shio kelinci, dan shio kuda.
Yang harus dihindari: Shio Kerbau, shio naga, shio kambing, dan shio ayam.

5. Shio babi

Tahun lahir: 1923, 1935, 1947, 1959, 1971, 1983, 1995, 2007, 2019
Kepribadian: Mudah bergaul dan pemalas. Kamu adalah teman yang baik, orang yang pintar dengan kebutuhan yang kuat untuk mencapai tujuan apapun. Kamu sangat baik, toleran dan jujur namun juga mengharapkan hal yang sama dari orang lain, tentunya hal ini sangat naif. Pencarian kamu terhadap material dapat menjadi kegagalan. Babi akan sangat berhasil dalam bidang seni seperti penghibur atau juga pengacara. Babi adalah sosok yang unik, mereka tak suka dan tak percaya pada cinta jangka pendek. Untuk itu saat memilih pasangan mereka akan sangat berhati-hati. Intuisi mereka sangat tajam pada pasangan, sehingga saat bertemu seseorang mereka bisa langsung menebak ia akan cocok atau tidak dengan orang tersebut.
Jika mereka berjanji untuk sehidup semati dengan seseorang, itu artinya ia tidak sedang bercanda, karena separuh hidup shio babi dihabiskan dengan keseriusan.
Pasangan terbaik: Shio kambing dan shio kelinci.
Yang harus dihindari: Shio ular, shio monyet, dan shio babi.

6. Shio tikus

Tahun lahir: 1912, 1924, 1936, 1948, 1960, 1972, 1984, 1996, 2008, 2020
Kepribadian: Mudah beradaptasi dan memiliki intuisi yang sangat baik. Kamu imajinatif, menyenangkan dan benar benar murah hati terhadap orang yang kamu cintai. Namun, kamu cenderung mudah marah dan terlalu kritis. Kamu juga dikenal sebagai orang yang opportunis. Lahir dalam shio ini, kamu akan senang bekerja dalam sales atau penulis. Para kaum tikus adalah sosok yang romantis, perhatian dan sangat peduli pada keluarga. Sayangnya mereka juga termasuk sosok yang selalu mencari perhatian dan selalu membuat orang-orang di sekitarnya terpesona dan tergoda. Tetapi pada pasarnya mereka adalah sosok yang setia. Tikus juga pandai memainkan emosi pasangan, dan membuat pasangan tergila-gila.
Pasangan terbaik: Shio naga, shio monyet, dan shio kerbau
Yang harus dihindari: Shio kambing, shio kuda, dan shio kelinci.

7. Shio kerbau

Tahun lahir: 1913, 1925, 1937, 1949, 1961, 1973, 1985, 1997, 2009, 2021
Kepribadian: Bertanggung jawab dan memiliki nilai moral yang tinggi. Dilahirkan sebagai pemimpin, kamu menjadi inspirasi untuk orang di sekitar kamu. Kamu memilih metode konservatif dan berbakat menggunakan tangan kamu. Sangat mengharapkan segala sesuatu berjalan sesuai dengan pilihan kamu. Kerbau adalah sosok yang pendiam dan tak suka tampil di depan publik. Mereka adalah orang-orang yang hangat dan penyayang. Pada umumnya kerbau cenderung sulit menemukan pasangan karena mereka memiliki intuisi tersendiri dalam menemukan pasangan. Tetapi sekali mereka menemukan sosok yang mereka anggap tepat, maka kesetiaan menjadi orientasi utama.
Pasangan terbaik: Shio tikus, shio ular, dan shio ayam
Yang harus dihindari: Shio kuda, shio anjing, dan shio kambing

8. Shio macan

Tahun lahir 1914, 1926, 1938, 1950, 1962, 1974, 1986, 1998, 2010, 2022
Kepribadian: Berani, tidak dapat diprediksi, keras kepala. Kamu sensitif, emosional dan mampu menciptakan cinta yang luar biasa. Namun, kamu memiliki kecenderungan mengambil semua dan menjadi kerasa kepala dengan apa yang kamu anggap benar; lebih dikenal dengan istilah pemberontak. Emosi mereka yang bershio macan ini sangat labil dan mudah berubah dalam waktu yang sangat singkat. Mereka cenderung mudah bosan pada pasangan. Mereka juga sosok yang posesif, tetapi hidup dengan shio macan ini selalu menjadi tantangan tersendiri yang tak akan pernah membuat Anda bosan.
Pasangan terbaik: Shio kuda dan shio anjing
Yang harus dihindari: Shio ular dan shio monyet.

9. Shio kelinci

Tahun lahir: 1915, 1927, 1939, 1951, 1963, 1975, 1987, 1999, 2011, 2023
Kepribadian: Spontan, penyayang, rendah hati. Kamu adalah orang yang baik, sangat patuh dan menyenangkan. Kamu memiliki kecenderungan menjadi sentimentil. Menjadi hati-hati dan konseratif, kamu sangat berhasil dalam bisnis dan juga menjadi pengacara, diplomat atau aktor yang baik. Kelinci adalah sosok yang lembut dan sensitif, mereka juga sosok yang pendiam dan sangat idealis. Terkadang berdua dengan kelinci bisa jadi sangat menyenangkan karena pada umumnya mereka memiliki fisik yang sangat menarik, tetapi sifat mereka selalu membuat orang pada akhirnya jenuh dan bosan karena harus berhati-hati.
Pasangan terbaik: Shio kambing, shio babi, dan shio anjing
Yang harus dihindari: Shio tikus dan shio naga.

10. Shio naga

Tahun lahir: 1916, 1928, 1940, 1952, 1964, 1976, 1988, 2000, 2012, 2024
Kepribadian: Percaya diri, mendominasi, cerdik.Singkat kata, kaum shio naga suka sekali dikagumi dan dipuji-puji. Terkadang mereka suka tebar-tebar pesona, sehingga sebagai pasangan kesetiaan mereka sering diragukan. Shio naga bisa jadi sangat antusias dengan hubungan asmaranya, tetapi sayangnya mereka juga sosok yang moody. Perasaan mereka bisa berubah dalam hitungan detik. Untuk itu pasangan naga haruslah sosok yang sabar dan telaten.
Pasangan terbaik: Shio tikus, shio monyet, dan shio ayam
Yang harus dihindari: Shio kerbau, shio kelinci, dan shio anjing.

11. Shio ular

Tahun lahir: 1917, 1929, 1941, 1953, 1965, 1977, 1989, 2001, 2013, 2025
Kepribadian: Pintar, bijaksana, dan tertutup. Kaya di dalam kebijakan dan ramah, kamu sangat romantis dan berpikir dalam dan intuisi kamu memandu dengan kuat. Hindari sikap rakus terhadap uang. Jaga selera humor mengenai hidup kamu. Shio ular cenderung sangat posesif dalam hubungan asmara yang dimilikinya, ia bisa sangat mengikat dan membatasi pergerakan pasangan. Ia cenderung menuntut pasangan untuk selalu bersamanya, ia tidak menoleransi adanya pihak lain. Sifat baik shio ular, mereka bisa ngemong pasangan, sehingga pasangan shio ular merasa nyaman dan sangat diperhatikan.
Shio ular tidak dengan mudah menjalin suatu komitmen, ketika mereka menemukan suatu sosok yang istimewa, mereka akan berusaha membuat hubungannya abadi dan awet.
Pasangan terbaik: Shio kerbau dan shio ayam
Yang harus dihindari: Shio macan dan shio babi

12. Shio kuda

Tahun lahir: 1918, 1930, 1942, 1954, 1966, 1978, 1990, 2002, 2014, 2026
Kepribadian: Pekerja keras, pintar, populer, dan bersemangat. Kapasitas kamu dalam bekerja keras sangat mengagumkan. Kamu adalah orang yang mandiri. Selain pandai dan ramah, kamu cenderung menjadi egois dan tajam dan harus menjaga diri agar tidak terlalu mementingkan diri sendiri. Para penaung shio kuda adalah sosok-sosok yang bebas dan tak suka dikekang. Bagi mereka kecemburuan adalah hal membosankan yang akan memicu banyak pertengkaran. Mereka mudah sekali jatuh cinta dan sangat memuja hal-hal yang indah. Untuk itu mereka lebih cenderung banyak mengalami sakit hati dalam hubungannya karena mereka lebih menilai dari fisiknya saja.
Pasangan terbaik: Shio macan, shio kambing, dan shio kelinci
Yang harus dihindari: Shio tikus, shio kerbau, dan shio ayam.

Setelah iseng-iseng membaca soal kecocokan shio-shio, saya jadi teringat ketika saya merasa “ciong” dengan mantan saya. Pokoknya apa-apa ribut, senggol bacok. Sempat mikir salah dimananya, setelah iseng liat shio…pantesaaan kami ga cocok secara shio. Percaya ga percaya sih, hehehe. Tapi ini bukan mutlak kudu mesti percaya cocok-cocokan. Biasanya siiiih….manusia itu cenderung mengingkari. Cenderung merasa “masa sih? ahh engga..” *kalo ga cocok. Giliran cocok, eh malah percaya 😀

Secara shio, saya lahir di shio Naga dan katanya pasangan yang paling cocok untuk Naga adalah Monyet atau Tikus. Errrgg, tunggu ini tahun Monyet kan ya?! Jadi mari cari Monyeeet eh salah cari jodoh :))

LOL.

 

*dikutip dari berbagai sumber.

Iklan

32 thoughts on “Shio

  1. Eh aku sama suami ko disini ga disebut cocok, tapi ga disebut ga cocok juga sih hehehee… Semoga sama Akang cocok ya Shio nya 😀

    1. hahahaha..
      iya ini mah tulisan iseng aja kok Mas Sukma 😀
      tahun 84 itu shio tikus 😀

      wahhh tahun ini katanya banyak beruntung loh *ealaah balik lagi bahas shio.

  2. wah aku shock syer baca komen di atas, ya ampun semoga bisa dapat yg terbaik ya say, tetap semangat! * hug dari jauh* ( ini bukannya bahas shio malah ngorek luka lama, hehe maapkeun diriku ya syer)

  3. Neng, aku malah mau komenin komennya mbak puji *lah maap*
    Semoga segera ketemu prince charming yaa…tapi kalo prince william jangan…itu udah milik akuuhh…*lalu dijitak ama kate middleton*

      1. Hahahaha yo wes ga jadi. Komen shio aja yess…betewe kalo dr post di atas, shioku ama shio sumamik chiong lho alias ga cocok. Bhahaha *getok getok meja*
        Oh ya, soal gini, aq kan kerjanya juga berhubungan ama kepercayaan gini. Yg paling sering itu kadang kalo bikin ukuran pintu buat rumah, minta pake ukuran hongsui.

  4. Hahahah gue ga percaya2 banget ama shio. tapi sebagai orang cina ya tetep aja para orang tua suka ngitung apa-apa dari shio. Termasuk gue dan koko dianjurkan punya anak shio monyet hahaha. Lucunya dulu pas tau koko shio ayam dan gue shio uler, gue kira bakal ciong karena uler kan makan ayam ya, eh ternyata malah cocok! hahahahahah

    1. Hihihi..makanya yg kya gini sih percaya ga percaya ya lip..
      iya aq kmrin bahas sm tmnku yg juga chinesse, dia blg bahkan klo mau cocok pny anak klo bisa punya anak dicocokin shionya.
      iseng2 cek shio sndiri
      waah klo aq mau pny anak yg shionya bagus, harus pny anak tahun depan.
      *ya kalii, jodohnya aja blm tau siapa :))

  5. Soal shio, kadang mang percaya dan kadang ngga juga, tapi sebagai org chinese, suka ke doktrin sama keluarga yg lebih senior, jadi nua yahh udah ikutin aja hehe.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s