Diposkan pada life

Kebaya

629f41937113cb3d3e96bab5bad9ecfd

Kebaya Jadul Versi Istrinya Pak Soekarno.

Dulu sewaktu saya masih remaja *sekarang masih sih, ngakunya :P, saya kurang begitu ngeh sama yang namanya kebaya. Bagi saya saat itu, kebaya mah bajunya emak-emak mau kondangan. Bagi saya kebaya itu identik dengan kejadulan *ampuun mbahh..ampuuun. Engga gitu tertarik sama sekali. Bahkan stok kebaya jadul milik emak saya dulu (sewaktu beliau nikahan) gak bikin say tertarik buat coba-coba. Ahh saya mah tertariknya sama gaun cakep ala-ala peri gitu lah.

Pertama kali saya pakai kebaya itu……..

Pas perpisahan sekolah SMA. Iyeees, pake kebaya. Bukan pakai gaun pesta ala-ala prom. Entah kenapa sekolah saya itu anti banget sama prom night, padahl dulu ngehits bangeeeet. Seriusan tahun 2006 mah kan udah ngetrend pesta prom plus kisah-kasih asmara tentangΒ cerita banyak orang yang jadian pas promnight. Nah, di gueeehh?! Kagak ada! Hilang semua ketika guru-guru bilang bahwa kita ini perpisahan biasa di puncak dan PP. Iyakkk pulang-pergi, buseet dah. Capek-capekin badan ajaaah. Mungkin saking sekolah saya itu sekolah yang amat sangat “care” sama muridnya, jadi dibuat pesta perpisahan ala kadarnya di puncak. Kembali ke topik kebaya, naaaah kebaya yang saya pakai buat perpisahan pun boleh pinjem sama kakak sepupu saya. Yah namanya boleh pinjem, kegedean pun dibadan saya. Nasib. Si mama bilang ngapain lo beli kebaya mahal-mahal tibang dipake buat sehari doang. Yah, saya mah nurut ajee daripada kagak dikasih pergi sama si emak. Alhasil foto perpisahan saya ga kece-kece amet. Zadul. Iyee gue pake huruf “Z” untuk menggambarkan betapa sedihnya foto perpisahan saya yang ga kece.

Nah, pas saya udah besaran dikit tepatnya waktu mau wisudaan, baru deh si mama beliin saya kebaya, itu pun belinya ga usah yang mahal-mahal di Jatinegara aja. Kata Mama lagi, ga usah pake jahit segala, cuma dipake sehari doang *alasan emak-emak yang klasik. Sebagai anak yang nurut, yaudah manut aja. Dibelikan lah kebaya merah, ukurannya masih “S” iyaa dulu saya “S” lohh, sekarang “M” kook.. yakin Medium bukan Large (lagi). Saya suka kebaya pertama saya ini, walau hasil beli jadi bukan boleh jahit sendiri dengan desain impian *mamam deh itu desain tante Anne Avantie. Karena kebaya itu saya merasa sangat langsing sekalii, iyaah berasa “Deuuhh baru kebaya wisuda aja gue udah kece begini, apalagi kebaya pengantin yak” *inilah khayalana saya dulu, baru lulus jadi sarjana aja udah mikirin kawin, aampuuun deh πŸ˜€

Fotonya pernah saya rilis sebelumnya sih, tapi saya rilis lagi yakk *semoga kalian ga eneg liatnya. Wakakakak

208049_211916418818502_2888455_n

Foto begini aja pake “Pose” πŸ˜€

Kepemilikan kebaya setelah kebaya wisuda ga terhenti gitu aja, merasa saya cakep sekali dengan kebaya, langsung deh ya saya buka lemari si Mamah, obrak-abrik kebaya jadulnya beliau dan Taraaaa!!!! Saya yang dulu menganggap kebaya jadul, jadi berbalik suka sama kebaya jadul milik Mama. Catet, milik si Mamaahhh. Cekidoot fotonya πŸ™‚

182660_199376966739114_1685970_n

Okesip, ini difotoin sama Danny waktu diminta jadi model portfolionya.

Kebaya berwarna pink fuschia milik Mama, bikin saya makin cinta sama kebaya. Mau yang berbahan kain biasa ataupun lace atau brokat, semuanya saya sukaaa. Makin pengen banget tambah kebaya etapii ternyata biaya jahit kebaya sendiri mahal. Jadi deh kebaya saya saat itu cuma punya dua. Kebaya wisuda sama kebaya punya mama. Kata mama, belum waktunya jahit kebaya, dan masih dengan kata-kata “entaaaar ajaaaa”.

Hiyaaah baiklah, waktu pun berlalu. Saya mulai bekerja terus mulai banyak kenalan dengan orang-0rang hingga suatu ketika saya bertemu dengan tukang jahit lewat kerjaan saya ini. Iyaaah, saya bertemu dengan penjahit yang super. Ya setidaknya di mata saya, beliau ternyata penjahitnya beberapa desainer terkenal. Saya mengenal beliau karena kantor saya memakai jasa beliau untuk jahit seragam frontliner. Iseng-iseng nanya biaya kebaya, dan masih teteuup berasa mahal. Huhuhu. Udah gitu pas banget teman saya ada yang menikah terus kasih bahan kebaya. Bingung dong mau jahit dimana, karena sumpah ga tau mana tukang jahit yang bagus di dunia perkebayaan. Coba-coba minta jahit dengan ibu ini plus catatan bahwa budget saya ga banyak. Ya maklum namanya juga kebaya seragam doang.

Namanya juga anak baik, rejeki mah udah diatur yah. Si ibu bersedia menjahitkan plus kasih jasa gratis untuk biaya payet. Iyak jahit kebaya ga cuma sekadar jahit kain, ada yang mesti dipayet atau minimal dibuat bustier (dalaman) kebaya yang bagus. Hasilnyaaa? Uwaaww akuu sukaaaaaa :*

Ini Hasilnya

Camera 360

Tampak bulat? Iyees, itu saya gemuk banget.

Gak dirasa lha kok kelamaan koleksi kebaya saya pun makin bertambah. Biasa deh, ada lagi yang menikah terus saya dikasih seragam *ihh berasa ditinggal kawin sist.

syera 3

Masih dengan kebaya “seragam kawinan”

Dan terakhir saya pakai kebaya lagiihhh, kali ini ga jahit sih. Pake kebaya jadi aja. Dipakai dengan tema yang sama “Kawinan”. Iyees, kebaya mah dipake pas kawinan aja deh sekarang-sekarang ini. Kebaya lamaran? Belum ada sist, masih PO dari Tuhan YME πŸ˜€

11816845_1018520678158068_7615847903403422167_n

Ada sepeda onthel mejeng di deket tenda kawinan πŸ˜€

Ahh ya, btw selama saya kebayaan jarang banget sanggulan dengan benar. Antara males sama ga ada budget, hahahaha. Kalaupun sanggulan itu mah boleh cepol-cepolan sendiri aja. Yang bener-bener ke salon itu cuma pas wisudaan aja. Sisanya? DIY aja sist.

Sekian cerita kebaya kepunyaan saya, ada yang punya koleksi kebaya lebih banyak dari saya? Kaliii gitu bisa pinjem *ujung-ujungnya modus πŸ˜€

Iklan

Penulis:

Bininya Masbeb, suka masak, dramaqueen, hobi nonton horror

24 tanggapan untuk “Kebaya

  1. Cakep2 kebayanya Syer..
    Gw jg sukakk banget sm kebaya tp gw sukanya brokat sih hihi..
    Itu ngejaitnya emang mahal bgt, tp punya keterpuasan sndiri krn bahan n model kebayanya kita sndiri yg pilih..

    1. Makaciww kak..

      Iyaa kebaya tuh mahal di ongkos jahit apalagi yg payet2 gitu, makanya ga heran yak knp desainer kebaya bisa mahal bgt.

      Aq pengen bgt kebaya yg kekinian etapi duhhh harganya meringis hatikuu

    1. Iya dulu juga smpt kan ngehits pake setelah kebaya dg bawahan celana juga kak di acara nikahan.

      Aq juga pake kebaya pas di acara kawinan itu klo ga pas dikasih seragam ato krn ga ada dress yg bagus hahahaha

  2. semua kebayamu cantik2 syer, dipake kamu jadi pas cantik orangnya plus kebayanya juga ;-). btw kita kayaknya seumuran/seangkatan deh, soalnya aku juga lulus sma nya tahun 2006 πŸ˜€

    1. Ohh ya?
      Aq lahir tahun 88 juga
      Jgn2 km juga ya? Hehehe

      Tapi kebaya cocoknya dipake sm org yg langsing.
      Klo pas aq gemuk trs pake kebaya rasanya “ngeep” banget.

      1. iya bener, kebaya kalo dipake linggar kan gak cucok ya syer, enaknya di pake ngepas badan,hehe
        yup kita seangkata syer, aku juga kelahiran 88, suamiku juga loh πŸ˜€

        1. waahh horaaayyy kita seumuraaan *jingkrak-jingkrak.

          btw, adyaa aq lupa mau kasih tau km.
          klo ada yg foto trs peluk2 suami km jangan dibolehin ya. nti diaku2 loh di medsos *lah bininya siapa, yg khawatir siapa πŸ˜€
          hehe, sorry out of from topic.

          1. ahahhaa,,,tapi tau gak aku pernah nemu beberapa foto suamiku di FB orng sini, itupun dikasih tau temenku, tapi untungnya foto mereka biasa2 aja, kalo yg aneh2 trus sampe ngaku2 baru deh aku protes,hihihi

            1. Hhehehe, iya
              tpi km mulai mesti “membatasi” klo yg foto bareng minta macem2.
              Untung km mah sabaar, klo aq udah aq jutekin kali “mbaaa…bu…anu, itu suami saya. tolong jangan dipeluk2 sembarangan buu ” hahahahaha

              1. ahahaha, abisnyan yg minta foto biasanya lebih gakak sih, aku jadinya takut deh, biasanya suamiku yg bilang “jangan peluk2 ada istri disana” ngomongnya pake bhs indonesia loh, tapi ibu2 mana ada yg dengerin,huffft

                1. huffftt..jadi pak suami juga udh bgtu ya? tp smua pada nekat “melukin” gitu. doohhh, maafkan ibu-ibu itu yaakk.
                  Kalau engga pake strategi km hrs stay disamping suami, jadi kalau ada yg geser kamu, pak suami akan narik lagi dengan bilang “saya mau foto bersama istri saya juga yaa”.

                  *idiih syeraa, aduhh kamu ikutan gemes sikk
                  maafkeun adyaa. hehehe

                  1. ahahaha,,,semua orang sih seringnya ngomong gitu, jgn jauh2 dari pak suami, tapi tetap aja begitu mereka minta foto pasti langsung ngomong ke dia dan mereka (yg minta foto) nyuekin aku, kan apalah aku ini pikir mereka paling cuman guidenya doang,hiks jadilah akh juga ikutan mundur teratur, nanti kelar foto baru deh suami nyari2in aku, dan mereka tu gak mau foto bareng aku, maunya foto sama bule aja :-)) *eh, kok aku malah curcol sih*

  3. Cakep-cakep kebayanyaaaaaaa. Gue juga suka banget sama kebaya, rasanya bikin keliatan ayu cantik seksi gimanaaa getoh hihihi. Tapi ga punya satu pun *lah*

  4. Aku sampe sekarang ga punya kebaya kaaakk~ hahaha bingung mo dipake kemana. Kebaya kawinan aja lah pake sekali trus disimpen seumur hidup *lalu bingung perawatannya gmn*

  5. Syer…kamu cantik lho. Serius. Pake kebaya gitu jd makin keliatan glowing. Kebayamu cakeepp…
    Oh ya pas nikahan kemarin aku juga bikin kebaya sendiri, pengennya dipake akad, tp krn alasan kepraktisan akhirnya dipake pas acara siraman

    1. ahhh mbaaa…aq jadi tersanjuuung *tutupmukapakekebaya.
      kayaknya smua cwe klo pake kebaya auranya keluar gimana gitu ya mbak.

      jadinya wkt akad pake kebaya yg lain ya mba?
      aq masih jahit payet kebaya mamaku dan aq udh ditahap nyeraah. susah yakk mayet2 doang πŸ˜€
      pdhl mah ga tau dipakenya juga kapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s