Diposkan pada life

Pengalaman Food Combining (masih abal-abal)

fc-warteg-fix-aw

Mau cerita tentang food combining ahh…
Berhubung kemarin atha (shinta) kasih saran untuk posting soal FC atau food combining, jadi kepikiran juga sih. Siapa tau ada yang minat coba hehehe.
Tau soal FC awalnya dari blog kak Noni, tapi saat itu hanya baca aja belum ngeh sampai ke praktek FC. Baru bener-bener ngeh ketika gabung di Food Combining Indonesia via FB.

Sebenarnya FC itu bukanlah sebuah diet. Beneran ini tuh bukan diet yang membatasi kita buat ga makan ini-itu. Tapi lebih kepada “pengaturan pola makan”. Jadi nih di FC itu yang diatur pola makan kita yang selama ini kita anggap “bener” padahal mungkin bisa saja salah.

sirkadian-aw2

Ngerasa sulit ga untuk ngeFC? Bagi saya sih enggak yah, karena niatnya untuk kesehatan gitu. Dan yang tertanam dipikiran ya “harus hidup sehat, rajin makan buah”.
So….inilah pola makan atau rumus Food Combining.

Bangun tidur sebelum kumur-kumur kita diwajibkan untuk minum perasan air jeruk nipis atau jeruk lemon “hangat”. Saya pribadi sebagai anak kosan yang ga punya dispenser berasa “PR” banget tiap pagi kudu masak air, tapi demi hidup sehat hayati relaaaaaa bhaaangg!

air-hangat-dan-jeruk-nipis-aw1

Cara tercerdas adalah masak air panas malem-malem sampai mendidih terus masukin ke termos! Jadi nih pas bangun tidur ga usah lagi nguplek air panas di kompor. Tinggal cussss tuang aja.

Loh jeruk nipis/lemon kan asem,yang punya maag gimana?!

Ini yang masih suka diperdebatkan oleh orang yang ga ngeFC. Di otak mereka “jeruk nipis asem, ga bagus untuk maag”. Nah, saya jelaskan yah bahwa rasa asam di jeruk nipis itu bukan berarti juga asam sifatnya diperut. Justru jeruk nipis/lemon itu sifatnya basa. Ga akan bikin kamu sakit perut atau maag kumat. Ciyuzzzaaan.

Karena apaaaa? Karena saya pribadi punya asam lambung tinggi. Dan selama ngeFC ga pernah tuh asam lambung sana naik gara-gara bangun tidur minum air jeruk nipis hangat. I’m okay. Justru menurut saya lebih bahaya kalau perut kosong saya diisi oleh kopi atau teh pagi-pagi, waduhh bisa seharian berasa naik asam lambungnya. Kesimpulannya minum jeniper hangat itu, ga bahaya. Kenapa harus hangat? Karena kalau pakai air biasa rasanya aseeem bokk. Hahaha. Ehh enggak deh, hehehe aturannya emang harus air hangat kuku gitu. Ga berasa asam mungkin itu hikmahnya *nah lohh.

Gunanya jeniper hangat di pagi hari adalah untuk memperbaiki kinerja lever kita. Dan disarankan sebelum kumur-kumur minumkan karena air jeniper akan bertemu dengan enzim baik yang ada di mulut. Tau Lever kan? itu hati maksudnya, jadi kalo lagi patah hati mungkin bisa dicoba minum jeniper banyak-banyak *hehehe πŸ˜›

Sehabis minum air jeruk nipis/lemon hangat, biasanya saya ga langsung sarapan sih. Ya kali kan baru bangun bobok, jadinya ya mandi terus siap-siap berangkat kerja. Sarapan pun di FC ini mengharuskan sarapan BUAH. Iyaa buah, bukan mie ayam atau bubur ayam apalagi nasi bebek di pagi hari. Makanya bersyukurlah kalo kantor kalian depannya abang-abang rujak dipagi hari, wuihh syurrga. Sayangnya kantor saya ga ada abang-abang rujak. Adanya toko buah, lumayan lah buat mengisi kulkas dengan buah untuk sarapan.

Kalo saya pribadi biasanya membeli buat sekilo untuk satu minggu (hemat) kayak jeruk atau apel kan perkilonya isi 6-7 tergantung ukuran. Buah-buah sebenarnya bebas selain buah duren atau alpukat ya. Karena alpukat bukan termasuk buah tapi masuknya sayuran. Sedangkan duren dan nangka mengandung gas yang kurang baik utk perut kosong. Amannya sih buah apel, jeruk, salak, pepaya, buah naga, semangka, mangga, melon dll. Intinya buah yang banyak mengandung gula alami itu yang baik.

Nah baru deh jam 12-7 mlm kita bebas mau makan “berat” tapi ada rumusannya juga.

Di food combining ada aturan bahwa protein hewani ga boleh ketemu karbohidrat.

sop-dasar-food-combining-aw1

Rumusan simpelnya gini:

Nasi + sayuran+tahu tempe sambel

Atau

Sayuran + daging+tahu tempe sambel
Udaah itu aja rumusan simpelnya. Bahasa lainnya ya makan ayam atau daging atau ikan pasangannya sayuran gitu. Bukan sama nasi karena katanya sih kalo karbo ketemu protein hewani kinerja tubuh kita akan berat mencernanya.

Simpelnya dalam FC buah-buahan dimakan terlebih dahulu sebelum memakan makanan berat. Selama ini kita menanggap buah itu bagian desser aja, padahal mah kebalik.

Manfaat FC apa? Jujur sih bagi saya sendiri badan jadi ga gampang sakit karena mengonsumsi buah secara teratur tiap hari, belum lagi kebiasaan buruk makan yang dicampur-campur yang bikin bobot saya melambung tinggi. Alhamdulillah dengan FC saya ga susah payah untuk menurunkan BB ini. Emang sih ada yang saya pangkas, saya ga makan nasi sama sekali selama FC. Setelah saya baca sana sini, ternyata nasi putih yang baru masak itu mengandung gula nah gula berubah jadi kalori dan kalori kalo ga dibakar bikin numpuk terus jadinya gemuk.

Kok bisa?

Gini hitungannya. 1 kilo berat badan itu setara 7000 kalori.

Misal nih kebutuhan kalori harian kita sebenarnya hanya 1000 kalori tapi asupan kita sehari itu 1500 kalori. Maka 500 kalori yang ga dibutuhkan itu akan tersimpan menjadi lemak. Nah, kalau tiap hari kita “nabung” 500 kalori aja coba tebak ga butuh waktu lama bobot kita bisa naik 1-2 kilo.

Masya Alllaaah πŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆ serem kan?!

Sejak saya ngeFC, saya jadi perhitungan sama kalori. Apalagi saya malas olahraga jadi saya perhatiin banget asupan kalori saya.

Makanya sekarang paham kenapa orang gemuk hanya karena ngemil tapi sedikit makan. Yah karena cemilan yang kalori tinggi kita masukkin ke tubuh, tapi kita yang ga sadar. Dianggapnya “belum kenyang” padahal mah udah masuk 1000 kalori.

Oya gorengan bkin gemuk karena minyaknya itu. Malah ada yang bilang 1 gorengan mengandung 180 kalori. Cobaaa itu hitung kalo kita makan 10 bakwan sendirian, makjaaangg udh 1800 kalori terus badan masih berasa laper makan deh ini itu, yaudin gendut deh. Hihihi
Balik lagi ke cerita FC, saya masih makan gorengan kok tapi dikit aja 1-2 buah. Kadang beli 5 gorengan eh sisanya kasih aja ke orang lain. Ngemil juga masih tapi dikurangin juga. Apalagi sekarang saya juga janji untuk ga makan daging atau ayam. Semoga aja pelan-pelan pola hidup sehat ini ada hasilnya lagi.

Semangaaat!!
Mari hidup sehaatt 😎

fc

Ini rumusan Food CombiningΒ 

*Btw, ini ada hasil timbangan saya yang turun 5 kilo itu. Awalnya BB saya 65 kilo (tutup mukaaa) dan seiringnya ngeFC pelan-pelan jadi 60 kilo dong. Ini emang belum apa-apa sih ya, tapi semoga berangsur-angsur kembali langsing seperti dulu kalaaa. Target ga usah muluk-muluk balik ke 52 kilo aja udah bersyukur banget. Oya saya jalanin FC ini mulai bulan November 2015.

 

(Untuk ilustrasi Food Combining sumber : arnaldowenas.wordpress.com)

Iklan

Penulis:

Bininya Masbeb, suka masak, dramaqueen, hobi nonton horror

34 tanggapan untuk “Pengalaman Food Combining (masih abal-abal)

    1. malesnya krn pagi2 kudu peras jeruk nipis yak? atau menerapkan aturan pola makan gitu ya? hehehe

      aq malah ga punya bukunya hehe
      coba gabung di grup FC aja via fesbuk.

    1. iyaa makasih kak noni…
      aq malah gagal klo dirumah kak.
      klo makan diluaran masih bisa ngatur buat fokus sayuran aja tp ga pake nasi. atau sayuran sm daging (waktu dulu).

  1. belakangan ini sering gagal, gara2 udaranya dingin….pengen sarapan yang anget2 gituuu alhasil buah2an diganti muesli campur susu coklat hangat hahaha x))))

  2. wah, mantap deh mbak, makasih sudah share… kalo soal pola makan, saya paling jaga. ngemil, enggak. goreng-goreng juga enggak. paling banter tumis, itu pun pake olive oil saja biar sehat. cuma, masih ngerasa perlu makan daging, jadi belum rencana berhenti.

  3. Laporan qaqaaa.. Aku uda turun 3kg bulan ini krn FC sambi nge-gym huahaha 😜 pengennya dilanjutin ke BB sma biar bs pake baju2 lama.. Sayang kalo mau disumbangin huehehe *medit*

    1. Selamat gegee 😘
      Hayo makin kencengin minum jeniper hangat di pagi hari,
      Sarapan buah makin ketat yaa.
      Jgn lupa aturan makan karbo jgn dicampur sm prothew.
      Biar makin langsing ge, hayoo hap happ happ kamu bisaaa

  4. Dulu sempet nyoba minum lemon shot gegara nurutin Alodita. Tapi makin ke sini makin males bikinnya Kak hahaha. Yang masih dianut sampe sekarang, makan nasi merah sama sarapan overnight oat (tapi pake cheat, biasanya suka ditambahin cokelat/peanut butter biar enak) hihihi

    1. Hahaha aq malah masih minum jeniper hangat ta, krn dipikiran bahwa aq hrs hidup sehat demi diri aq sndiri. Soalnya kan kondisi ginjal aq juga ga gt bagus ta.
      πŸ˜‚πŸ˜‚ aq juga baru mau coba makan granola sm chia seed ni ta, tp ga tau mau campur pake susu almond apa air biasa πŸ˜πŸ˜… abs klo diturutin bnr2 bkin tekooorr

      1. Susu almond mahal bgt Kak, kasian dompetkuuu haha makanya aku akalin jadi pake susu kedele. Lebih aman dikitlah dibanding susu sapi yang konon katanya ga bagus itu. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    2. Hahaha aq malah masih minum jeniper hangat ta, krn dipikiran bahwa aq hrs hidup sehat demi diri aq sndiri. Soalnya kan kondisi ginjal aq juga ga gt bagus ta.
      πŸ˜‚πŸ˜‚ aq juga baru mau coba makan granola sm chia seed ni ta, tp ga tau mau campur pake susu almond apa air biasa πŸ˜πŸ˜… abs klo diturutin bnr2 bkin tekooorr

    3. Hahaha aq malah masih minum jeniper hangat ta, krn dipikiran bahwa aq hrs hidup sehat demi diri aq sndiri. Soalnya kan kondisi ginjal aq juga ga gt bagus ta.
      πŸ˜‚πŸ˜‚ aq juga baru mau coba makan granola sm chia seed ni ta, tp ga tau mau campur pake susu almond apa air biasa πŸ˜πŸ˜… abs klo diturutin bnr2 bkin tekooorr

    1. hahaha bedaaa sama sekali.

      FC ini ga ada batasan makanan yg dimakan hanya mengubah pola makan aja πŸ˜€
      kan klo diet ada batasan kya ga boleh byk garam dll, klo ini mah enggak πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s