Diposkan pada life

Si Raksasa Lautan “Paus”

cartoon_whale_bold

Tiba-tiba aja loh kepikiran ikan paus :D. Entah karena inget adek sendiri yang kalo tidur kayak ikan paus atau karena emang ini mamalia lucu banget. Eniwei sebenarnya paus ini bukan kategori ikan, jadi seandainya ada anak kecil nunjuk-nunjuk ke dia sambil bilang “Maaaakkk itu ikan pauuuuussss gedeee” maka, jika paus bisa ngomong bakalan bilang “gue bukan ikan keleeeuus, gue ini Mamalia”. Iya, kalian tau mamalia kan? seperti yang diajarkan sama guru-guru biologi kita waktu sekolah dulu bahwa hewan mamalia ini melahirkan dan menyusui. Nah kalo ikan pan bertelur, sekalinya menetas ikannya boro-boro nyusu yang ada ikan kecil begitu udah bisa idup sendiri bersama kantung kuning telurnya engga tergantung sama emak ikan.

Oke kita skip tentang pengkategorian mamalia ini, kembali ke topik soal Paus. Paus identik dengan tubuh yang besar, hidup di laut dan bisa menyemburkan “air” dari atas kepalanya. Sebenarnya yang disemburkan itu juga bukan air, tapi berupa uap panas. Teori sederhananya begini dek, ikan paus itu bernapas dengan paru-paru bukan dengan insang, nah cara dia bernafas dengan muncul ke permukaan air, terus mengambil udara sebanyak-banyaknya . Dalam proses bernapas, seekor paus harus muncul ke permukaan laut untuk mengeluarkan udara yang sudah terpakai, lalu menghirup udara segar sebanyak-banyaknya dan secepat-cepatnya sebelum ia menyelam lagi. Mirip kalo kita berenang dengan cara snorkleing. Udara terpakai yang akan dikeluarkan relatif lebih hangat dibanding udara permukaan laut karena paus adalah mamalia yang sudah memiliki kemampuan mengatur suhu tubuh sendiri sehingga suhu tubuhnya akan lebih tinggi dari suhu lingkungan sekitarnya. Udara yang disemburkan keluar itu akan mengalami kondensasi begitu bertemu dengan suhu lingkungan yang lebih dingin sehingga kelihatannya paus seperti menyemburkan air dari lubang pernafasannya. Jadi lah yang disemburkan itu sebenarnya uap hangat yang keliatannya kayak air. Intinya itu kayak hidungnya si Paus.

Mengenai jenis Paus, ternyata terbagi menjadi dua. Paus bergigi dan paus tidak bergigi (alias ompong, wkwkwk bercandaa). Bedanya gimana deh? gampangnya sih paus bergigi itu termasuk karnivora yang makanannya ikan-ikan kecil, sedangkan paus tidak bergigi itu makanannya plankton. Itu loh organisme kecil di lautan. Jadi kalo misal ada makhluk laut galau, mungkin dia akan bilang “Aku tanpamuu seperti butiran-butiran plankton di lautan ini” *tsaaahh *ikan baper.

Berikut ini jenis-jenis Paus yang mungkin kalian ga “ngeh” *ini sebagian aja sih, soalnya banyak banget kaka 😀

Paus Fin Whale

fin whale

Fin Whale (Balaenoptera physalus), juga disebut paus finback. Ini adalah paus terbesar kedua dan binatang yang hidup terbesar kedua setelah paus biru, tumbuh hampir 27 meter.Panjang dan langsing, tubuh Ikan Puas Fin Whale kecoklatan-abu-abu dengan bagian bawah lebih pucat. Setidaknya ada dua subspesies berbeda: paus sirip utara di Atlantik Utara, dan paus sirip Antartika lebih besar dari Samudra Selatan. Hal ini ditemukan di semua samudra besar dunia, dari kutub sampai perairan tropis. Paus ini tidak hadir hanya dari perairan dekat dengan kantong es pada kedua kutub utara dan selatan dan daerah yang relatif kecil dari air laut terbuka. Nama lain yang sering disematkan pada paus sirip ini yaitu “razorback”. Paus jenis ini jadi hewan terbesar kedua di dunia. Panjangnya mencapai 65 kaki atau sekitar 20 meter, dengan bobot sekitar 73 ton. Salah-satu corak menarik dari tubuh mereka yaitu bagian sirip belakangnya. Ekor paus ini begitu lebar, dengan corak khusus di tengah-tengahnya. Bentuk paus ini juga begitu simetris.

Makanannya terdiri dari ikan kecil, cumi, dan krustasea termasuk mysids dan krill. Seperti semua paus besar lainnya, paus sirip diburu pada abad kedua puluh dan merupakan spesies terancam. Hampir 750.000 paus sirip diambil dari belahan bumi selatan saja antara 1904 dan 1979 dan kurang dari 3.000 saat ini tinggal di daerah itu. Komisi Penangkapan Ikan Paus Internasional (IWC) telah mengeluarkan moratorium perburuan komersial ikan paus ini, meskipun Islandia dan Jepang melanjutkan perburuan: tahun 2009, Islandia mengambil 125 sirip ikan paus selama musim penangkapan ikan paus, dan Jepang mengambil 1 paus sirip Antartika di musim 2008-2009 tersebut. Spesies ini juga diburu oleh Greenlanders bawah ketentuan Subsistence Aborigin Paus dari IWC. Tabrakan dengan kapal dan suara dari aktivitas manusia juga secara signifikan mengancam pemulihan.
Blue Whale atau Paus Biru
blue whale
Sebagaimana yang kita tahu, paus jenis ini jadi hewan terbesar yang ada di muka bumi. Karena itu, secara otomatis ia juga jadi mamalia laut terbesar di dunia ini. Betapa tidak, ukuran panjangnya bisa mencapai 100 kaki atau sekitar 30,5 meter. Sementara bobot tubuhnya sampai 100-150 ton. Ciri khas lain dari paus ini yaitu sirip belakangnya yang kecil dan menurun ke tiga perempat area punggungnya. Warna kulitnya pun cukup unik, kolaborasi dari biru keabu-abuan dengan bintik-bintik di atasnya. Siapa sangka, pewarnaan tubuh ini begitu bermanfaat bagi riset yang dilakukan para ahli. Jantung ikan paus biru dapat memiliki ukuran sebesar mobil kecil dan detaknya cukup keras untuk dideteksi dari jarak 3.000 meter (2 mil) jauhnya. Mulutnya cukup besar untuk menampung 100 orang, dan memiliki arteri yang begitu besar sehingga bola basket bisa mengapung melaluinya
Bowhead Whale atau Paus Bungkuk
Bowhead Whale

Secara ilmiah, paus ini dikenal sebagai balaenamysticetus. Penamaan bowhead sendiri muncul karena rahangnya yang tinggi dan melengkung, sehingga terlihat bungkuk. Paus berwarna hitam ini hidup di area yang dingin, yakni di Artic. Karenanya, mereka memiliki lemak khusus yang tebalnya mencapai 45 cm. Namun lemak inilah yang menjaga paus bungkuk agar tetap hangat dan melindunginya dari sensasi dingin yang begitu rendah. Sayang, satu dari mamalia laut besar ini populasinya terus menurun. Hal itu tentu saja akibat eksploitasi laut yang tidak bijak.

Gray Whale atau Paus Abu
gray-whale-732x334
Paus abu memiliki berat badan sekitar 36 ton dan panjangnya bisa mencapai 50 kaki atau 15 meter lebih. Paus ini memiliki jambang di area mulutnya, untuk mendeteksi lingkungan di sekitarnya. Kita bisa saja melihat paus ini dalam kelompok kecil, namun kita juga bisa mendapatinya ada dalam kelompok yang lebih besar. Itu artinya, paus jenis ini tidak menghabiskan waktu untuk bergabung bersama satu kelompok saja. Paus ini sering juga terlihat menyelam dengan kecepatan cukup tinggi. Para ilmuwan mengklaim bahwa aksi menyelam cepat itu dikarenakan paus mesti menyingkirkan parasit yang mengusiknya.
Right Whale atau Paus Sikat
feature_right_whale_brian_j_skerry_ngs
Paus Balin  yang memiliki tubuh tipis. Namun soal pertumbuhan, mereka bisa mencapai panjang 60 kaki atau sekitar 18 meter lebih. Sementara bobotnya bisa sampai 100 ton.  Ciri khasnya ada pada kapalan di area kepalanya. Lubang napas/ lubang semburnya pun unik, sebab mirip huruf V. Sementara soal warna, paus sikat ini ada yang berwarna hitam dan ada juga yang abu tua. Sejauh ini para peneliti sudah mengidentifikasi 4 kelompok paus sikat. Ada sekitar 400 paus sikat yang hidup di Atlantik Utara. Sekitar 25 ekor di Pasifik Utara dan 15.000-an paus ada di daerah selatan.
Beluga Whale atau Paus Beluga
beluga_whale_credit_flickr_user_-Wendell-Reed
Paus jenis ini bisa dengan mudah kita identifikasi, sebab penampilannya memang unik. Kulitnya benar-benar putih, dengan sirip belakang yang minim. Namun tubuh seperti itu berfungsi untuk memudahkan navigasi mereka di area perairan es. Ukuran mereka pun begitu mungil untuk ukuran Paus. Dahinya besar dan kepalanya bulat-lebar. Karena mereka memang hidup di Arktik dan sub-Arktik, jadinya paus beliga memiliki lapisan lemak setebal 5 inci, sebagai adaptasi untuk habitatnya yang dingin. Untuk makan, mereka mendapatkannya di dasar laut, sehingga mesti menyelam sedalam 1000 kaki atau sekitar 305 meter ke kedalaman laut. Adapun populasi paus yang cukup lucu ini sekitar ratusan ribu ekor.
Bentuknya yang unik mungkin menginspirasi salah satu perusahaan penerbangan untuk membuat pesawat, yaitu Pesawat Beluga 😀 jenisnya sih bukan pesawat penumpang komersil, lebih kepada pesawat kargo yang dikhususkan mengangkut bagian-bagian pesawat airbus di seluruh dunia.
Pesawat Berbentuk Aneh yang Mampu Angkut Tujuh Gajah
beluga cargo Airbus Beluga
Narwhal Whale atau Paus Narwhal
narwhal
o-NARWHAL-facebook
Narwhal

Di antara paus-paus lainnya, saya paling takjub sama paus Narwhal ini, gimana gak takjub kalo paus ternyata ada yang bertanduk! hihihi kirain cuma badak atau kijang aja yang punya tanduk ealaaah ternyata paus juga ada yang bertanduk. Tanduknya pun mengingatkan saya pada Unicorn, itu loh legenda kuda yang ada tanduknya *itu juga katanya. Orang Norwegia menyebut kata ‘narwhal’ yang berarti ‘mayat paus’. Nama ini mungkin tersemat karena warnanya, yakni abu kebiru-biruan yang dihiasi bintik-bintik putih. Sementara untuk paus muda, warnanya lebih kecokelat-cokelatan. Dan untuk ukuran tubuh, paus jenis yang satu ini juga berada di ukuran pertengahan. Yang jantannya memiliki semacam gading lurus dan panjang di area rahangnya. Kita mungkin sedikit kebingungan untuk apa ‘gading’ itu tercipta. Sebab, paus tidak memiliki musuh, kecuali para manusia yang hendak mengeksploitasinya. Ternyata gading itu bisa bermanfaat untuk menarik perhatian betina. Paus ini hidup di sepanjang kutub utara, tepatnya samudera Artik. Oya, panjang tanduknya pun bisa mencapai 2,4 meter. Emeeejiiing!

Pilot Whale atau Paus Pilot
whale_pilot-text1782

Sekilas bentuknya mirip sama paus beluga cuma versi warna hitamnya aja 😀 Jenis Paus ini dibagi menjadi dua spesies, yang cukup sulit kita bedakan jika melihat keduanya di lautan. Yang satu bernama “G melas”, paus pilot dengan sirip yang panjang. Yang satunya lagi bernama  “G. macrorhynchus”, paus pilot denan sirip yang pendek. Namun perbedaan paling mencolok mareka terdapat pada batok kepalanya. Bisa dikatakan, hiu pilot  ini menempati berbagai area perairan di seluruh dunia. “G melas” bisa ditemukan di area perairan dingin. Sebaliknya, G. macrorhynchus” lebih suka hidup di perairan tropis dan sub tropis. Namun mereka sama-sama memiliki intelegensia yang mengagumkan. Mereka juga memiliki kecenderungan untuk hidup di perairan yang dalam. Sehingga kita akan jarang melihatnya.

Sperm Whale atau Paus Sperma
paus sperma
Awalnya bingung sih kenapa nama paus ini “iyuuuh banget” tapi ternyata nama paus ini berasal dari zat lilin-putih susu, spermaceti, ditemukan di kepala binatang itu, karena kemiripannya dengan air mani.Diantara paus beluga, narhwal dan pilot, yang terakhir ini jadi paus yang terbesar. Lubang napas/ lubang semburnya ada satu. Kepalanya lebar, lengkap dengan deretan giginya yang tajam. Paus sperma dewasa bisa tumbuh sepanjang 67 kaki atau 20,5 meter dengan bobot tubuh mencapai 56 ton. Ukuran otak mereka pun jadi yang paling besar diantara kerajaan hewan, yakni seberat 20 pon atau sekitar 9 kg. Adapun nama dari paus berwarna abu-abu ini didapat karena mereka menghasilkan minyak spermaceti dari kepalanya. Sementara untuk habitat, paus ini ditemukan di sebagian besar lautan.Paus ini memakan cumi-cumi dan ikan, menyelam sedalam 3 kilometer (9.800 kaki), yang menjadikannya mamalia menyelam terdalam. Makanannya termasuk cumi-cumi raksasa dan kolosal. Oh ya eniwei paus sperma ini tidurnya aneh karena posisi tidur secara vertikal dengan posisi kepala diatas 😀 kayak ikan lele qiqiqi.
Orca atau Paus Pembunuh
orca whale
Orca, atau “ikan paus pembunuh” (Orcinus orca) disebut juga Ikan Paus Free Willy (itu loh film paus di tahun 90-an *ketauan deh umur gueehh) adalah paus bergigi. Orca memiliki panjang tubuh bulat dengan sirip punggung besar di tengah-tengah punggung mereka. Tubuh hitam mereka ditandai dengan bercak putih di bagian bawah dan dekat mata. Orca adalah hewan yang sangat sosial yang bepergian dalam kelompok. Satu kelompok biasanya terdiri dari 5 – 30 ikan paus, meskipun beberapa kelompok dapat bergabung membentuk kelompok 100 ekor atau lebih. Orca membangun hierarki sosial, dan kelompok tersebut dipimpin oleh betina. Hewan yang diduga memiliki bentuk kompleks komunikasi dengan dialek yang berbeda (bahasa sedikit berbeda) dari satu pod (kelompok) satu ke kelompok yang lain.
Kayaknya cukup segini dulu tentang si paus ini. Lautan itu sangat kaya, apapun yang berada di dalamnya terasa “ajaib”, menunjukkan kebesaran Tuhan semesta mempunyai kuasa atas segala isinya. Sayangnya, semakin maju peradaban manusia, semakin sedikit manusia yang peduli untuk melestarikannya. Nun jauh disana, masih ada tradisi “membunuh” ikan paus pilot secara besar-besaran, nun jauh disana masih ada orang yang tidak peduli terhadap kebersihan lautan yang bumi kita miliki. Ahh jadi sedih, seandainya mereka tahu bahwa apa yang terkandung di bumi ini belum tentu selamanya akan terus ada.
Iklan

Penulis:

Miss dramaqueen

39 tanggapan untuk “Si Raksasa Lautan “Paus”

  1. wah lengkap bener, emang pencinta paus ya.. dari a sampe z dibahas semua pausnya..

    semoga gak ada lagi yg membunuh paus lagi.. sadarlah… sadarlah mereka

    1. hihihi engga suka2 bangetr.
      cuma iseng aja tetibaan pengen bikin update yang berbau2 ensiklopedia 😀

      iya sedih bgt pembantaian paus kya gt masih diajalanin hanya krn merupakan tradisi.

    1. berasa “iyuuuh” karena aneh aja 😀
      mungkin karena penyebutan kya gini masih agak tabu ditelinga hihihi.

      mungkin ilmuwan kehabisan ide kasih nama 😀

  2. Di kantorku ada satu essential oil yang sumbernya dari muntahan paus kak, tapi ga tau deh spesies paus yang mana 😆 Dari kep. Maluku (wow di Maluku ada paus!) 😀

    1. hihii laut indonesia emang kaya ge,
      jangankan maluku di kepulauan nusa tenggara khususnya Flores, paus suka lewat bahkan ada tradisi berburu ikan paus disana yg diadakan tiap tahun, hebatnya lagi cukup pake tombak! amaziiing

      btw ngebayangin mungutin muntahan paus kaya apa ya ge?!

    1. iyaa, paus terdampar lumayan sering terjadi mas, biasanya karena terbawa arus dan perubahan suhu air laut.
      sedihnya kalo terdampar kadang mereka ga bisa balik ujung2nya mati 😦

    1. iya kak, yg beluga itu gemesin karena putih2 gitu kyak ikan pesut.
      dan kalo ga salah ada pertunjukan juga si paus beluga ini.

      Paus Narwhal emang ajaib banget ya kak, soalnya ngebayangin paus yang besar etapi bertanduk lurus panjang. Pertama kali tau ini dari IGnya NatGeo soalnya 😀

  3. karena sering nonton national geographic mulai rada hafal jenis paus, hanya tetap susah bedain paus beluga ama paus pilot. bentuknya rada mirip lumba-lumba menurut aku. hehehe.. trus baru tau kalau orca itu ganas sedangkan paus biru yang ukurannya besar malah makan plankton. Makin tau malah makin sayang dan takjub dengan keistimewaan paus2 ini.

    1. iyaa yg beluga sm pilot sekilas tampak sama apalagi model kepalanya yg rada “jenong” menurut aq, hehehe cuma beda di warna kulitnya aja.
      aq juga takjub bgt sm mereka ini dan ikut sedih ternyata paus salah satu yg diburu di lautan.
      padahal kan mereka itu ga gampang2 banget berkembang biaknya

  4. Informatif banget kak 🙂
    Katanya tanduk narhwal itu dulunya digunakan oleh oknum tak bertanggung jawab dalam mencari keuntungan. Mereka bilang itu tanduk unicorn dan menjualnya dengan harga tinggi

  5. Aku waktu kecil itu penggemar paus mbak :’ suka heboh sendiri kalau ada berita tentang paus terdampar gitu 😦 bayanganku waktu itu, paus itu ya gedeeeeeeeeeeee banget :’

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s