Diposkan pada life

Teliti Saat Membeli

  
Saya termasuk orang yang lumayan sering belanja di minimarket ato supermarket *ya kaliii syer, orang lain juga gitu keleeuus. Etapiii, ada beberapa hal yang belakangan ini jadi perhatian saya, yaitu struk belanjaan.

Iyaaa, berhubung sekarang biaya hidup muaaahal sedangkan gaji segitu-gitu aja, jadi yang namanya selisih aja diperhatikan banget. Misalnya kalo di supermarket ada promo diskon harga atau promo beli sekian gratis sekian trs dengan embel-embel bonus bisa diambil di bagian informasi. Langsung deh cuuusss saya inget baik-baik itu belanjaan yang ngasih bonusan. Hehehe. Problem saat ini adalah sering banget terjadinya “kesalahan” dari pihak sana. Misalkan pas kita liat di rak supermarket ada tulisan diskon atau bonus, eh giliran di scan dikasir malah engga diskon ato gak bonusnya udah ga berlaku. Yang kayak gini kan yang bikin emosihh.

Makanya saya kalo ambil barang diskonan sebelum resmi dibayar, saya langsung nanya ke mbak kasir “Mbaaa,ini diskon kaaan?!” Sambil minta barang itu discan dulu oleh kasirnya. Kalo engga diskon,mendingan dibatalin. Tumaaan! Supermarket aja coba-coba PHP πŸ˜’πŸ˜’

Pernah loh kejadian gitu, ditulis diskon eh malah ga diskon alasannya “promonya udah habis mba, belum diganti tag harganya”. Kan rasanya kamfreeeeeet.

Atau soal bonus-bonusan eh bonusnya habiis. Syeediiih.

Nah selain masalah diskon dan bonus, ada juga masalah “double scan” yang kayak gini nih biasanya terjadi diminimarket gitu. Dan terjadi sama yang biasanya belanja banyak. Alhamdulillah ga pernah terjadi sih, karena saya kalo ke minimarket usahain belanja sedikit dan seperlunya aja. Kayak gini pernah kejadian sama si Mama, untung mama inget harga dan kisaran totalan belanja. Jadi langsung menegur kasirnya yang udah mencoba berbuat curang.

Saya termasuk orang yang merhatiin banget struk belanjaan sebelum meninggalkan supermarket atau minimarket. Supaya kalo ada kesalahan bisa segera diperbaiki. 

Pengalaman lainnya ketika saya dan teman saya hendak pergi ke Bandung, ketika itu teman saya belanja cemilan lumayan banyak sampai dua ratus ribuan. Saat hendak membayar dikasir, saya perhatiin tuh scan harga belanjaan. Begitu teman saya selesai membayar, langsung saya minta struknya dan perhatikan lagi satu-persatu barang belanjaan karena takut double scan. Emang engga ada sih yg kena double,ehh tapiii di bagian akhir struk ada tulisan “selamat anda berhak mendapatkan gratis satu botol Fanta ukuran 350 ml”. Zzzzz dan itu saya tau banget mas kasirnya engga kasih bonusnya ke teman saya. Kita balik lagi ke dalam dan pura-pura bego nanya “ini apa yaaa?” Dan dijawab cengengesan sama kasirnya sambil kasih bonusan terus bilang “iya maaf lupaa”. Ihhhh cape deeeh.

Cerita lain disupermaket dan minimarket adalah “recehan donasi”. Iya sihh emang engga seberapa, kadang kalo mood saya baik saya relakan deh recehan kembalian saya dipotong donasi. Tapi kalo mood lagi ga baik, saya engga mau kembalian didonasikan. Kejam yee?! Emaaang. Huahaha. Pernah loh saya belanja di minimarket kembalian saya dipotong tanpa izin ato minta maaf minimal. Jadi ceritanya saya harusnya terima kembalian 10.500 eh cuma dibalikin 10.000 aja, dan kasirnya kasih uang ke saya tanpa bilang apa-apa. Langsung saya protes kekurangan kembalian doong, “mas, kok kurang 500?!” Ealaaaah kasirnya jawab slow bangeet “iya ga ada receh mba”.

Cuma bilang itu aja, ga bilang maaf. Mulai saat itu saya bersumpaaah untuk ga akan belanja lagi di minimarket merah itu lagi,duileee πŸ˜‚πŸ˜‚

Ya tapi emang ga selamanya kasir modusin konsumennya dengan cara begitu, yang baik juga banyak kok. Intinya teliti lah sebelum berbelanja.

*liatin struk-struk bertebaran

Penulis:

Miss dramaqueen

27 tanggapan untuk “Teliti Saat Membeli

  1. Saya juga pernah di php in di super market. Tulisannya klo kasir nggak ngomong terima kasih bakal dikasih gula sekilo. Eh waktu kejadian beneran kasirnya pura2 nggak tahu. Jadi males deh belanja lagi ke tempat itu. Akhirnya jadi langganan minimarket lainnya.

  2. Kalo di NZ ya, lupa ganti tag harga gt, kita sbg konsumen dpt harga yg d tag. Soalnya ada clause ttg gak boleh misleading customer… ini termasuk jg loh misalnya promo yg tulisannya gede2 murahhhh tau2 ada terms and conditionsnya kecil d bawah, juga gak boleh haha. Tapi banyak yg masih ketipu juga and gak protes krn gak paham consumer law.

    1. Sebenarnya yg kya gt jg berlaku mar, tapi ya tau sndiri kadang kasirnya pura2 bodoh aja dan kekeuh kasih hrga dg harga baru dan alasannya klasik “tag harga blm smpt terganti,terlewat,lupa dsb”.
      Akhirnya klo kesel mending ketusin ga jadi beli.
      Btw happy new year mariskaa 😊

  3. Iya nih udah berapa kali ketipu dengan tulisan diskon, tapi pas di kasir ternyata gak diskon. Bisa dipake nih tipsnya, makasih mba. Btw salam kenal ya

    1. Iya sama2 murni 😊 salam kenal jugaa.

      Pokoknya sblm resmi dibayar lebih baik minta discan dlu brg2 yg dpt diskon. Soalnya ga gitu nti bisa2 ga ngeh mana brg yg diskon mana yg engga.
      Malahan kdg buruknya klo kita ga perhatikan harga bisa2 Tag harga yg rak kena selisih beda dg harga yg komputer kasir.
      Duh kalo dpt hrga lebih murah sih ga papa,nah klo harga yg scan lebih mahal?! Rugi bangeet.

  4. Saya trmsk jarang bgt belanja di minimarket berlambang lebah merah alf*****, kapok soalnya. Dulu pernah bbrp kl belanja di tag harga di rak sm di scan sllu beda harga. Kan kesel. Misal di rak deterjen 15rbuan, itu pas discan bs 17rb an dg alasan blm di ganti harga. Trs demen bgt ngasih kembalian permen, kan itu sbnrnya gak boleh. Akhirnya saya lbh milih belanja di minimarket penduduk lokal bkn yg frencaise model itu.

    1. Iya bener bgt, yg merah kdg suka motong recehan gitu. Iya sih ada alasan “donasi” tapi who knows?!
      Klo minimarket biru yg dkt kosan aq malah bagus bgt SOP kasirnya, selalu menyebutkan totalan belanja sebelum kita menyerahkan uang, kemudian setelah diberikan uang disebutkan kembali uang yg kita kasih dan kembaliannya selalu pas sekalipun recehan.
      Misalnya
      “Totalan belanja jadi rp.54.000 ya mba”
      Trs kita kasih uang nih
      “Uangnya Rp.60.000 rupiah ya mba” sambil menunjukkan uangnya ke kita
      “Uangnya Rp.60.000 dengan totalan belanja Rp. 54.000 kembaliannya Rp.6000. Terima kasih telah berbelanja di *******”

      Ahh rasanya pengen bgt bilang “mbaa,Service Quality dan Exellentnya bagus bangeet”
      Pdhl dia kasir minimarket loh dan ga semua kasir kya gt.

  5. kalo aku belanja di minimarket ato supermarket selalu pake debit. jadi ga ada alasan ga ada kembalian ato mau buat donasi πŸ˜€ πŸ˜€

    1. Waktu itu aq ga bwa hape mbaa hehehe
      Kejadian kya gini kebanyakan di minimarket, main ptong kembalian tnp persetujuan kita ato ga kasih selisih harga dr totalan belanjaan. Makanya males bgt klo belanja byk2 di minimarket.

  6. Banyak sihh modus kayak gini syer, kasirnya curang. Kalo ada yg nanya kembaliannya mau didonasikan, tanya lagi donasinya ke siapa? Hihihi πŸ˜€

    1. Haha ini kejadian smlm dit.
      Ceritanya aq sm adek ke minimarket, pembelanjaan pertama adekku bayar trs kasirnya nanya 200 perak mau didonasikan ga?adekku iya2 aja.
      Giliran aq blanja, sama ditanya jg 200 perak mau didonasikan ga? Aq jwb engga, ditanya lagi dong. Aq jwb enggaa..
      Heuuhh sebel.
      Bukannya pelit sih ya,tapi klo dipikir2 donasinya aja ga dijelasin utk apaan. Lagian klo mau beramal juga kita pny hak mau beramal dmn juga πŸ˜…
      Krn ada yg blg sih “donasi” gt sbnrnya bohongan. Iya didebit donasi tp ga dicantumin ke struknya.

  7. untungnya belom pernah kejadian di aku syer, apa emang akunya yg gak pernah merhatiin struknya kali ya, eh tp kemaren malah kebalikannya, abis belanja malah gak tau kalo barangnya diskon semua, pastesan pas mau bayar kok gk semahal yg dibayangkan πŸ™‚

    1. Hahaha iya klo kya gt sih rasanya bahagia yahh pas dikasir ternyata brg yg kita beli itu diskon.
      Aq juga pernah kya gt πŸ˜‚πŸ˜‚
      Tapi sbaiknya lain kali klo belanja terutama kya di supermarket dan minimarket hrs perhatikan bnr2 struk belanjaannya. 😊
      Selisih 1000-2000 kan lumayan bgt *emak irit πŸ˜πŸ™ˆ

      1. selisih 1000-2000 kalo berkali2 kan lumayan bener ya syer, ih berarti mulai sekarang aku bakalan cek struknya, tapi dsini kadang gak di kasih struk belanjaan loh

        1. Nah loh?! Kok bisa?!
          Harusnya memberikan struk di supermarket sm minimarket kan wajib πŸ˜πŸ˜… krn penting bgt. Penting di kita,penting juga di perusahaan mrka. Klo ga ada struk artinya tdk ada pembelanjaan dan ga keinput datanya.

  8. neeengg kita samaan doonk..hahaha.. aku juga suka nanya kalo di kasir : mbak ini diskon kan?
    trus kalo gak diskon suka gak jadi beli. bhahaha…
    aku juga suka ngumpulin struk belanja, dan inget inget harga dimana yang lebih murah πŸ˜›

    1. haha tos kita mbaa..
      samaan banget apalagi yang banding2in harag ditiap supermarket. soalnya kan selisih rupiah tuh berarti bangeet.

      Contoh kecil aja nih mba, kan ada tuh cemilan Oat Choco Naraya, kmrin lagi ada promo beli dua gratis satu, tapi harga di 3 supermarket beda2 gitu mba.
      supermarket pertama harga satu bungkus 49.500
      harga supermarket kedua persatu bungkus 42.000
      harga supermarket ketia 52.000

      gileee kalo ga teliti banding2 harga selisihnya kan lumayan banget. hehehe

      kalo engga ngumpulin struk, ngumpulin brosur supermarket ya mba hihii, apalagi klo belanja pas weekend πŸ˜› hari2nya supermarket kasih diskon.

Tinggalkan Balasan

