Aku digigit mas Tomcat

  

Masih inget wabah Tomcat yang pernah heboh? Saya juga lupa-lupa inget sih,tapi saking hebohnya nama si “tomcat” ini terngiang-ngiang di sanubari hatikuu..

Nah,pernah iseng googling seperti apa wujud tomcat ini eh ga taunya lumayan lucu sih dengan padanan serasi hitam-merah nan elegan *tsaahh terus ceritanya di kosan suka ketemu hewan ini tapi masih ragu-ragu dan ga mau spekulasi klo itu beneran si Tom.

Hingga pas hari sabtu lalu,sehabis mandi sore baru ngeh kalo kulitku ruam kemerahan kayak pantat bayi yang kelamaan pake diapers 😣

  
Cuma bisa laporan ke nyokap sambil nanya “Mamaaaahh akuuh kenafaaaah??!” Nanyanya panik gitu karena takutnya ini kena cacar apa bukan? Kata nyokap itu ga papa. Yaudah saya cuek aja tapi bingung kok merah gitu. Belum galau tingkat dewa-dewi sih dan cuma diolesin minyak tawon aja. 

Besoknya bukannya sembuh malah masih merah 😭😭 mulai bertanya-tanya “Papaaaahh akuuhh kenapaaa?” Eh sm bokap dikasih krim kesukaannya “Suncream” rasanya fanaaazzz dan masih berharap di merah ini menghilang.

  
Kulitku bukan merah lagi tapi kayak melepuuhh..puh..puhh 😭😭 bukannya sembuh makin parah. Demi Tuhaaaaan aku mulai galau dan bertanya dalam hati “jangan-jangan ini perbuatan orang yang sirik dengan kecantikan akuuuu 😝😝” *dilemparin menyan sama dukun. Ahh tapi kan ga boleh Su’uzon yah.

Besoknya lagi bangun tidur pas abis cium si Akang via emoticon BBM, aku galau banget karena masih faraaahhh. Ini kenapa sikkk?! Ku mengadu nasib yang malang ini ke Akang “lengan neng masih merah akang” *ekspresi menyedihkan sambil ngetik Bbm ke akang (padahal udh jelas akang ga bakalan liat,bodoh) 😅

  
Akhirnya curcol di pagi hari membuahkan pencerahan “kalo guehh digigit Tomcat!” Anjeeeeerr, ini seriusan?! Yah baru keinget kalo akang pernah nemu Tomcat ini di kosan dan dibuang pake tisu. Langsung googling dan benaaar ini akibat tomcat. Huhu

Sebenarnya Tomcat ini siapa?! Bahaya kah?!

“Tomcat tidak mengigit ataupun menyengat. Tomcat akan mengeluarkan cairan secara otomatis bila bersentuhan atau bersentuhan dengan kulit manusia secara langsung. Gawatnya, Tomcat juga akan mengeluarkan cairan racunnya ini pada benda-benda seperti baju, handuk, ataupun benda-benda lainnya. Pada jenis serangga tertentu, terdapat cairan yang diduga 12 kali lebih kuat dari bisa ular kobra.Cairan hemolimf atau toksin ini disebut sebagai ‘aederin’ (C24H43O9N). Jika sudah terkena dermatitis, segera bersihkan seprei, sapu tangan, handuk, pakaian maupun benda-benda yang disinyalir terkena racun tomcat. Bersentuhan dengan kumbang ini saat berbaring atau tidur, menghancurkannya pada badan atau mengosok dengan jari yang kotor akan menyebabkan konjungtivitas dan penyakit kulit yang parah yang dikenali sebagai ‘dermatitis linearis’, ‘aederus (kumbang rove/ staphylinidae) dermatitis’. Kalau melihat Tomcat hinggap di tangan, jangan dipencet atau dibunuh seperti mematikan nyamuk ataupun serangga kecil lainnya. Sebaiknya Tomcat ditiup hingga pergi, atau diambil dengan hati-hati menggunakan alat atau tangan yang ditutupi plastik dan dibuang ke tempat yang aman. Setelah itu cuci tangan dengan sabun dan ulangi lagi. Kalau bisa semprot serangga itu dengan racun serangga dan disingkirkan tanpa harus menyentuhnya secara langsung. Sejatinya, serangga ini merupakan sahabat petani karena merupakan predator alami bagi wereng, salah satu hama yang menjadi musuh utama para petani. Tomcat merupakan kelompok serangga pertanian, tetapi dalam 3 sampai 4 tahun terakhir dilaporkan adanya gangguan kesehatan pada manusia yang disebabkan oleh serangga tersebut” (sumber: wikipedia)

Beuuhh ternyata ganas yak, sadis lah kalo kata Afgan. Setelah tau ini karena Tomcat baru deh saya beli salep ini.

  
Keadaan saya gimana sekarang? Masih perih plus sedih. Karena kulitku tak muluuuuus seperti dulu. Ahh tapi selama Akang masih cinta ya ga papa lah 😘

  
Itu foto diambil sesaat diolesin salepnya. Daaaaaan tapi pagi aku ketemu pelakunyaaa di kamar mandi

  
Kemudiaaan Hap!! Lalu ditangkap pake botol plastik

  
Fiuhhh semoga ga ada Tomcat lagi yang bermunculan.

Iklan

18 thoughts on “Aku digigit mas Tomcat

    1. Itu begitu nemu si tomcat td pagi langsung buru2 aq fotoin. Biar tersangkanya ga kaburr hahaha
      Trs baru cari2 btol plastik bekas buat nangkepnya.
      Klo soal lukanya kebetulan aq fotoin pas kasih laporan ke akang,eh ga taunya malah makin hari makin parah.
      Maksih ya doanya 😘 smoga cpt smbuh huhu,smp skrg brasa nyeri

  1. Syer, lekas sembuh ya en rajin2 olesin betason N-nya terus kalo gatel jangan digaruk. mungkin coba 1 harian semprot ruangan aja syer buat ngebuang tomcat ini 🙂

    1. Iyaa makasih ya wi 😊
      Ini udh agak mendingan koq. Walau masih blm kempes bgt di bagian melentingnya itu..
      Rencana bsk pas hari kamis mau beres2 kamar sm si akang 😅
      Skrg jd agak was2klo mandi

  2. Duh.. Ikut-ikutan perih liat hasil perbuatan Tomcat, Mbak Syer.. 😦 Semoga cepet sembuh dan mulus lagi yak..

    Btw, kawan aku dulu pernah diserang Tomcat jugak gegara belakang kosannya ada sawah.. Dan dia parah banget karena kenak jugak di mukak. Huhuhu.. T_T

    1. Nah klo kena krn blkg kosannya ada sawah masih masuk akal loh beb..
      Knp bs ada tomcat di kosan tmn km.
      Lha kalo akuuu?! Kosan di tengah kota,kamar lantai 3 pulakk. Kosanku pun modelnya terbuka gt maksudnya ga berhadap2an jd depan pintu kamarku ya langsung balkon. Ini tomcatnya nyasar drmana coba?hikss
      Tp apapun itu yg pnting smoga kuliku mulus lg ga keliatan kya budukan.hiks

  3. Mba anak ku juga kena umur 2th, pas dimuka kenanya pas mati lampu jd aku ga liat klo dirambatin tomcat tau2 udh dideket matanya. Sekarang udh 2 hari dikasih salep kok makin parah ya.. mba dulu sampai sembuh itu berapa lama ya? Bekasnya bisa hilang atau enggak ya? Anakku dimuka kenanya soalnya.

    1. Jadi awal terinfeksi racun tomcat itu ruam merah, gatal, beberapa hari kemudian akan terjadi bintik2 air kya melepuh. Tetap dikasih salep aja, atau bedak kerosin. Nti lama2 melepuhnya akan kempes, trs kering dan ganti kulit. Bisa ilang kok tp hitungan bulan mba. Pokoknya klo kena daerah itu, jangan digaruk. Abis nyetuh segera cuci tangan. Karena racun tomcat tuh bs nyebar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s