Diposkan pada Uncategorized

Kuliner Makassar Yang Kurindu

  

Team Frank&co Makassar

Tanggal 20 Maret lalu,saya ditugasi oleh kantor untuk mengunjungi cabang Makassar. Rasanya senang tak terkira,maklum sudah hampir dua tahun lamanya saya tidak menginjakkan kaki di tanah daeng ini. Saya rindu rekan kerja saya,toko tempat pertama kali saya belajar bertahan hidup, rindu mess kantor, langit biru makassar dan banyak hal memori tentang kota ini. Namanya juga pernah merantau selama dua tahun,jadi wajar sekali saya menganggap kota ini seperti rumah kedua saya.

Engga usah saya jabarkan kerjaan saya ngapain aja disana. Saya mau cerita kuliner makassar yang pasti selalu saya rindu. Hahaha

1. Coto Gagak

Isinya jelas bukan daging gagak yee, ya kali aja kalo daging gagak yang beli mah bukan manusia tapi kuntilanak 😜😜. Isinya daging sapi atau jerohan dengan kuah kental gurih. Biasa dimakan dengan ketupat. Harga perporsi sekarang Rp.18rb sedangkan harga ketupatnya masih seribu perbuah. Rasanya enaaaak banget. Buka 24 jam jadi kalo yang kepepet tengah malem bisa langsung meluncur ke jalan Gagak.

Coto gagak ini juga bisa kok dibawa pulang sebagai oleh-oleh, tapi harus masuk cabin ya bukan bagasi karena nanti bisa bocor. Pengalaman saya kemarin saya bawa 5 porsi aman sih, malahan beli jam 12 malem, sedangkan pesawat saya jam 2 siang esok harinya.
2. Rumah Makan Mas Daeng

  

Sebenarnya ini rumah makan biasa tapi entah kenapa saya merasa suka sekali makan disini. Hidangannya yang khas adalah ikan bolu bakar atau bolu goreng rica-rica. Kalo ada yang bingung apa itu ikan bolu? Maka saya jelaskan bahwa ikan bolu itu adalah ikan bandeng. Tapi bukan sembarang bandeng. Bandeng makassar rasanya lebih enak dari bandeng pada umumnya dan berukuran lebih besar. Bahkan tulang halus yang biasanya banyak terdapat pada ikan ini,di ikan bolu. Jam operasional rumah makan ini sampe tengah malam kok,letaknya di jalan Arif Rate (udah mau dekat pantai losari). Untuk harga murah meriah kakakk 😘😊

3. Mie Titi dan Mie Awa

  

Sajiannya sama persis kayak ifumie cuma mie yang dipakai lebih halus bentuknya ga gede-gede. Jangan lupa tambahkan perasan jeruk nipis dan acar cabe rawit sama jangan lupa pesan telur dadarnya. Kalo letaknya ada banyak dipenjuru kota Makassar.

4. Konro Bakar atau Sop Konro Karebosi

  

Gimana fotonya? Cukup bikin nelen ludah kan?hihi. Oke cukup nganganya. Potongan iga sapi yang besar-besar

becampur dengan kuah gurih dan sambal kacang membuat saya tergila-gila dengan hidangan yang satu ini. lokasinya persis di belakang lapangan Karebosi. Sebenarnya ada cabangnya di Kelapa Gading, tapi kata teman-teman yang pernah mencobanya, masih lebih nampol yang dimakassar. mungkin karena potongan iganya jauh lebi Gede kali yah.
5. Bakso Ati Raja
Yeahh bakso sebenarnya dimana-mana ada buanyaaak tapi berbeda dengan bakso khas Kota Makassar yang kebanyakan engga pake mie atau bihun dan lebih banyak memakai Buras sebagai pendampingnya. Saya suka banget sama bakso gorengnya, cara makan asik ala saya yaitu bakso dicocol ke sambal lombok+kecap abis itu baru sruput kuahnya. Jadi bukan sambal yang dituang ke kuah baksonya. Jangan lupa kucuri sepotong jeruk nipis di kuah bakso biar terasa segar. Hmmm nyamannaaaaa… Oh ya ini juga bisa buat oleh-oleh πŸ™‚

6. Pisang Epe
yailaaah ini mah ada dimana-mana terutama di pantai Losari, beberapa pendatang yang ga ngerti cara memilih abang-abang pisang yang enak pasti kecewa karena akan berasa ga enak dan keras pisangnya. Padahal ada tips gampang dapetin tukang pisang epe yang enak, caranya? perhatiin aja gerobaknya yang memajang pisang kepoknya. kalo memajang kepok kuning dan matang, dijamin enak. karena pisangnya dipastikan manis bukan hambar.

7. Pisang Goreng Nugget
sampai sekarang sih belum nemu beginian di Jakarta, kalo di Makassar cabangnya sih ada beberapa yah. bentuknya potongan pisang kepok berbalut tepung panir apa gula palem ya? terus panas-panas ditambahkan parutan keju dan coklat. Asli ini enaaak. kalo langganan saya biasanya beli di Jalan Hasanuddin, dekat hotel singgasana atau hotel aston.

8. Otak-otak Ikan
Kalo saya ke Makassaar oleh-oleh yang disukai nyokap adalah Otak-otak ikan. ada berbagai merk disini, tapi langganan saya “Otak-Otak Ibu Fince” perbijinya dihargai Rp. 4000 dan biasanya sudah beserta sambal petis, karena kalo merk lain katanya sih sambal petisnya bayar alias engga free. Kalo ibu Fince ini sudah termasuk sambal petisnya yang enak. Biasanya saya langsung ambil di rumahnya Jalan Sumba (depan sekolah SMP 5) jadi pas saya hendak kembali ke Bandara, saya mampir dulu ambil pesanan otak-otak saya. Sekali pesan biasanya beli sekitar 20-30 biji. Ini nomer telp Otak-otak Ibu Fince 0411-5314026 atau 08124164155. Pesan sehari atau beberapa jam sebelum diambil, jangan dadakan sebaiknya ya. Maksudnya sih biar bisa disiapin sama ibunya.

9. Sop Sodara
Kangen juga sama hidangan ini, saya biasanya pergi ke daerah jalan Irian pas malam hari hanya sekedar menikmati sop sodara ini. Rasanya gurih enak, ga bisa dibandingin dengan kuliner khas makassar lainnya. Intinya sih lagi-lagi berisi daging atau kikil sapi πŸ˜›

 

10. Palu Basa Serigala

Namanya rada ngeri ye?? Hahaha kuliner satu ini terletak di jalan serigala,urusan rasa agak beda tipis sama coto cuma bedanya kalo palu basa memakai srundeng kelapa dan yang suka telur,bisa ditambahkan telur ayam kampung mentah di kuah panasnya. Palu basa ini dimakan bersama nasi bukan ketupat seperti coto. 

11. Kapurung

Sebenarnya sih ini khas palopo,tapi ada juga di makassar. Bentuknya kayak papeda,jadi sagu yang kenyal gitu terus dimakan dengan kuah sayuran plus ikan atau ayam,kalo saya sih suka banget dengan kapurung. Kenyal unik gitu.

12. Barongko

Jangan lewatkan mencicipi kue tradisional khas sini,jadi seperti pisang kepok yang dihaluskan bercampur dengan santan,susu dan telur abis itu dikukus dengan daun pisang. Paling enak dimakan dingin,sluruuupppp

Mungkin sekian kali ya info kuliner makassar dari saya, bagi yang mau kesana jangan lewatkan kuliner ini, engga akan nyesel koq.Oh ya kalo mau oleh-oleh yang bukan makanan, biasanya sih saya beli minyak2an gitu kaya minyak tawon, minyak sereh, minyak kayu putih atau engga beli kain tenun khas makassar yang murah meriah.

Iklan

Penulis:

Miss dramaqueen

24 tanggapan untuk “Kuliner Makassar Yang Kurindu

    1. Hihi maklum pernah 2 taun disna πŸ˜‹
      Rata2 wisatawan hanya tau kuliner mksr cm coto sm pisang epe doang,pdhl byk bgt. Ini juga blm trmasuk kue tradisional khas sini seperti barongko.
      Samaaan,aq aja nulis bginia ngiler bayangin makanan disana. Kangeeen

    1. Pernah coba bandingin dg coto nusantara blm kak?
      Soalnya ada dua coto terkenal di makassar. Tapi klo mnurut aq lebih enak yg gagak. Yg paraikate juga rasanya beda dg yg gagak ato nusantara loh kak

        1. Hahaha omaigooot,yg sebelah sana kan gerah krn dkt tungkunya πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
          Cuma emg aroma wangi kayu bakarnya smriwing klo yg bagian ga pake AC

  1. ohh jauh tuh lokasinya arah pecinan..sana… aku rumahnya sekiatarn panakukang..syer..makanya senangnya cari yang dekat dekat sini juga..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s