Tawar-menawar harga

Saya termasuk orang yang hobi nawar, ya nawar barang, nawar naik kendaraan umum. Nah berkaitan dengan ini, ada cerita gokil yang dialami oleh teman kerja saya.
Cerita naik ojek
Jadi nih teman saya kan mau pulang kerja naik ojek dari depan kantor yang di gatot subroto, dia nyamperin tukang ojek terus nanya harga. Karena biasanya emang begini kalo naik ojek, harus nanya harga dulu dong. Teman saya nanya begini “Bang, ke tulodong berapa?”, terus dengan santai dan jawaban ngasalnya si abang ojek nyebutin harganya “delapan puluh ribu aja neng.”
Emosi dong temen saya, yang bener aja. Lha wong jaraknya deket gitu mintanya gak kira-kira. Langsung deh keluar jiwa premannya “bang, itu mau ke tulodong? Apa ke bandung? Mahal banget segitu kena 80rb.” Abis itu dilanjut lagi kalimatnya “abang tau ga tulodong dimana????”.
Si tukang ojeknyanya ga jawab “iya atau engga” malah jawab begini “yaudah, jadi neng maunya berapa?”.
Masih dengan jutek dan sambil berlalu temen saya bilang “abang aja ga tau tulodong dimana! Pake kasih harga segitu! Ga jadi deh bang!”.
Hihihi, gila ya kalo tukang ojek kasih harga ongkos, jauh lebih mahal dari harga taksi. Jarak deket dikasih harga selangit, beuhh ga kebayang sih sama orang yang engga tau daerah jakarta bisa dikibulin sama tukang ojek.
Ada lagi ni cerita tawar-menawar angkutan lain, kali ini Bajaj.
Temen saya ceritanya mau ke rumah sakit sama anaknya, rencana mau naik bajaj. Dari rumahnya ke rumah sakit sebenarnya sih deket, kalo berkendaraan.
Temen saya nanyain harga ke sopir bajaj ” Bang, ke rumah sakit Husada berapa?” Nanya baik-baik kan yah.
Dijawab sama abangnya “20ribu deh”.
Ngerasa kemahalan, temen saya nawar harga, nawarnya pun masih wajar koq. “Yah, 15rb aja deh bang”.
Ehh tapiiii si sopir bajajnya emosi dong terus sambil marah-marah bilang gini “enak aja, lu gila kali ya kasih harga segitu” sambil membawa bajajnya pergi dan temen saya bengong karena dikatain sama sopir bajaj.
Astagaaa, padahal nawarnya baik-baik loh, namanya juga nawar harga kan wajar dong kalo kita sebagai konsumen mau dapetin harga yang sesuai. Akhirnya temen saya coba cari bajaj lain dan dapet dong harga murah cuma kena 17rb aja.
Soal tawar-menawar harga yang engga pasti emang kadang perlu keberanian yah, harus berani perkiraan harga dari harga sewajarnya. Saya misalkan nawar barang di kaki lima, biasanya minta setengah harga. Dikasih syukur, ga dikasih ya saya sih cuekin aja. Karena biasanya yang saya tawar pun barang yang ga begitu saya inginkan.
Misalnya waktu beli tas kanvas di kaki lima malioboro, harga bukaan 75rb untuk satu tas,mahal banget dong. Saya nawar lah 35rb. Awalnya engga dikasih, yaudah lah saya tinggal pergi, lagian ga pengen banget. Iseng doang.
Ehhh ga lama pergi, dipanggil lagi hihihi. Dikasih juga harga 35rb/tas. Lumayan kan 😊😋
Jurus nawar harga dengan meninggalkan pedagang ternyata cukup ampuh, bwahahaha.
Kalo kata mama saya,kalo nawar harga harus nunjukin kesan bahwa sebenarnya kita ga gitu pengen barang tersebut, jadi kalo ga dapet harga yang diinginkan tinggal pergi aja. Karena biasanya tukang dagang akan nyerah dan kasih harga juga.
Tapi kalo kita nunjukin muka mupeng banget, biasanya tukang dagang pun akan pertahanin harganya dan ga mau kasih turun karena kita keliatan pasti akan beli.
Gimana menurut kalian? Ada yang punya jurus lain soal tawar-menawar harga?

Iklan

6 thoughts on “Tawar-menawar harga

    1. Hihi
      Aq juga awal ga berani mba
      Cm karena kerjaan suka beli barang2 lama2 mulai berani nawar. Hhehe
      Kalo engga bilang gini aja ke pedagangnya “sgini bisa ga bang?! Namanya juga nawar kan?” Sambil kasih senyuman ke pedagangnya, dijamin ga bakal diomelin hehe

  1. aku paling males nawar, dan gak bisa juga sihh 😀
    biasanya kalo naik ojek atau bajaj pake jurus langsung naek, langsung bayar, langsung kabur hahahaha 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s