Diposkan pada Uncategorized

Steril Kucing

IMG_0586.JPG

Saya pecinta kucing, kalo liat instagram saya pasti dh foto-foto kucing milik saya berseliweran.
Awalnya hanya punya sepasang eh beranak pinak jadi sepuluh. Dulu malah waktu kucing domestik saya belum disteril,malah lebih banyak lagi. Diatas sepuluh ekor. Jangan ditanya repotnya rumah saya saat mereka lari kejar-kejaran. Lambat laun saya mulai sadar populasi mereka bisa bertambah jika dibiarkan,maka dari itu mulai lah saya mencari informasi tentang “steril kucing”.
Sempat sih ya saya tanya ke dokter hewan langganan saya,katanya biaya steril kisaran 1-1,5juta. Buseeet. Langsung jiper nyali saya.
Dilema cin,ga disteril beranak terus,ga tega juga kalo mereka dibuang hanya karena mereka nambah terus. Tapi mau steril kok mahal ya?
Akhirnya berbekal internet,saya mulai browsing cari informasi steril kucing dengan biaya murah tapi terjamin.
Alhamdulillah,Allah seperti memberi saya jawaban ๐Ÿ™‚
Ketemu juga informasi steril kucing dengan biaya sangat murah,namanya “steril yuk”
Pertama saya add akun steril yuk lewat fesbuk,alhamdulillah langsung dapat respon dan informasi tata cara daftar steril.
Jadi di fesbuk steril yuk tertera jadwal steril dan nomer telepon yang bisa dihubungin kalau mau daftar.
Biaya steril kucing lokal 100rb untuk jantan dan 150rb untuk betina.
Sedangkan biaya steril kucing mix atau ras 200rb untuk jantan dan 250rb untuk betina.
Tempat steril terbagi menjadi dua,di Meruya danย Pondok Gede.
Kala itu saya memilih pondok gede karena lebih dekat dari rumah saya.
Setelah saya tahu mau kapan dan dimana saya akan steril kucing saya,kemudian saya hubungin mba wied endah via Whatsapp. Menanyakan jadwal booking tanggal steril,jika tersedia maka saya masuk kuota dan bayar DP.
Jangan salah,peminat steril banyak sekali bahkan saya harus menunggu dua bulan untuk bisa masuk kuotanya. Makanya kalau mau steril harus cepat-cepat hubungi pihak penyelenggara agar tidak kehabisan kuota.
Setelah bayar DP atau bayar langsung lunas,mba wied akan mengirimkan tata cara persiapan steril, dan alamat lokasinya. Pembayaran via transfer ke rekening BCA atas nama Lily Wijaya. Sedangkan untuk komunikasi via WA melalui dengan mba Wied Endah.
Ingat,lokasi hanya akan diberikan jika peserta sudah membayar. Hal ini digunakan untuk mencegah membludaknya peserta yang ujug-ujug dateng tanpa daftar terlebih dahulu. Jadi jangan harap diberikan jawaban mengenai “alamatnya dimana?” kalau belum bayar DP. Bagi yang pertama kali mau coba steril mungkin bakalan ragu-ragu, kok bayar dulu baru dikasih alamat? yaiyalahh, kalo calon peserta keburu tahu alamat tanpa bayar DP, takutnya nanti ada “peserta penyusup” yang main datang ke lokasi.

Peraturan steril yuk cukup ketat,maka dari itu hargai pihak penyelenggaranya.
Saya datang ke lokasi steril yuk sekitar jam 7 pagi,padahal mulai operasi jam 10 pagi. Tapii saya dapat nomer antrian ke 6,berhubung kemarin saya steril lima ekor. Maka antrian yang saya dapatkan nomer 6-10.
Seriusan harus datang pagi-pagi karena kalo siangan dapet antrian lama dan kalau udah gitu bisa sampai sore baru kelar operasinya,itu juga mesti nunggu kucingnya sadar baru bisa pulang.
Lama kucing sadar dari operasi beda-beda 30 menit- satu jam lamanya, mesti ditepuk-tepuk badannya biar segera sadar.
Saya memakaian popok sekali pakai karena pengalaman yang sebelumnya bahwa mereka akan pipis tanpa sadar setelah operasi. Jadi mencegah pipisnya mengalir kemana-mana jadi saya pakaikan popok. Hehehe
Nanti setelah mereka sadar,biasanya mulai deh mau jalan walau sempoyongan kaya dewa mabuk. Hahaha
Dan ada sedikit muntah kalau kucing sebelum operasi tidak dipuasakan selama 8 jam.
Pulihnya pasca operasi sekitar 1 minggu untuk kucing betina,kalau jantan lebih cepat lagi.
Pokoknya setelah steril kucing ini,hati jadi tenang karena ga takut kebobolan lagi. Dan kucing-kucing pun lebih sehat karena ga lagi ada yang namanya birahi gak jelas yang bikin kucing gelisah tiap malam.
Saya merasakan manfaat steril kucing sejak kucing domestik saya selesai steril. Karena saya lebih tenang melepas Ibu Peri main keluar rumah,ga takut lagi pulang dalam keadaan hamil diluar keinginan.hehehe

Buat kawan-kawan catlover,mohon mulai sadar untuk steril kucing kalian,demi kesejahteraan mereka juga. Saya jauh lebih ga tega liat banyaknya orang-orang yang buang anak kucing bahkan tanpa induknya. Saya lebih ga tega lagi liat kucing-kucing terbuang hidup dalam keadaan malnutrisi. Jadi bagi yang “ketumpangan” kucing di rumah,ada baiknya untuk mulai menyisihkan sedikit uang untuk operasi steril mereka.

IMG_0600.JPG

Jadwal steril untuk tahun 2015

Penulis:

Bininya Masbeb, suka masak, dramaqueen, hobi nonton horror

26 tanggapan untuk “Steril Kucing

  1. Bener nih, mending di sterilin aja, daripada dibiarin dan orang malah buang anak kucing semabarangan ๐Ÿ˜ฆ kan kasian..
    Itu pake pampers? hihi lucuuu

    1. Hehe banyak kak,klo tmnan di fb ato IG pasti tau ttg kucing2ku.
      Iya aq juga awalnya ga tau soal steril tp pas kucingnya lahiran terus jadi cari tahu ttg steril
      Upaya pencegahan membludaknya populasi yg tak diinginkan. Dan tujuan kesehatan
      Ada sbagian org yg malah ga tau klo kucing ga boleh di KB krn bs bkin kanker

          1. iya bisa di non steril lagi kan.. sekarang ada loh programnya itu……….karena kecenderung KB berdampak buruk sama kesehatan wanita………..maka suaminya yang ber KB

            1. Iya ka
              Salah satunya vasektomi kan?
              Ada dua cara,mengikat saluran sperma atau memutus salurannya.
              Klo ga salah inget waktu pelajaran biologi pas SMA ada pelajaran itu

    1. Jgn kan km,ka
      Bpk saya aja marah2 krn kucing mw disteril,ktanya nyiksa binatang
      Pdhl ini utk kesehatan mrka juga
      Krn kta dokter hewan,klo birahi ga tersalurkan bs jd penyakit

  2. Kak kok bisa kucingnya pipis abis operasi?
    Ya kalo uda banyak mendingan di-steril atuh, drpd menghamili/dihamili oleh kucing lain *halah*
    Btw buat thn 2015 uda ada jadwalnya aja… Mgkn krn peminatnya banyak ya kak? Trus harganya terjangkau juga

    1. Iya kayaknya bgtu,otomatis mengeluarkan urine pasca operasi

      Banyak bgt peminatnya.skali event yang operasi ada 60-70 ekor
      Makanya diberlakukan sistem kuota dan waiting list.
      Untuk steril yuk hrganya amat sangat trjangkau drpd hrs operasi di klinik hewan yg bs jutaan

  3. Syera, tanya dong,
    aku mau beli rumah, tapi di lantai 2 nya dipakai buat pelihara kucing, ada 8 ekor kucingnya, agak2 bau,
    gimana cara bersihinnya ya ? terus kondisi begitu bisa bikin penyakit gak sih ? makasih ya Syera

    1. Biasanya sih di pel pake karbol.saya biasanya begitu. Atau coba add fb renni adhe agustin, mba renni jual “go smell” penghilang bau yg diakibatkan oleh hewan peliharaan.sebotol 18rb
      Kmrin baru aja beli dr mba renni ๐Ÿ™‚

    1. Untuk alamat akan diberikan setelah mba dewi konfirm sbg peserta mba.
      Jgn telepon,sebaiknya sms atau via WA aja dg mba Wied.
      Jangan lupa tanyakan tanggal yg ready krn kuota biasanya cepat penuh jd mesti booking dr skrg.

  4. sy udah coba wa dan sms tp koq malah disuruh tsfer dl sih, sy jd ragu bener ngga ada baksos steril kaya gini, meakipun ktnya kl batal akan dikembalikan mending sy ke puskeswan yg udah resmi bisa kapan aja tp bayar saat kita steril disana harganya ga jauh beda koq

    1. Bener kok mba, saya udah berkali2 steril disana. Jd knp mesti ragu2?!
      Oh ya utk kirim rekening selalu memakai rekening ats nama Lily Wijaya.
      Klo mba nanya alamat lokasi steril sedangkan mba blm transfer ya emang ga akan dijawab mba. Krn mencegah utk orang2 yang dtg ke lokasi tp blm terdaftar sbg peserta. Makanya bayar dulu baru dikasih alamatnya.

  5. Mba syeraa…alamat ig nya apaa ??mba..aku dilombok blm ada baksos untuk steril kucing..sedih dech…disini biayax lumayan 400rbu…tp aku ttp niat steril kucing jantan ku..mba nanya dunk klo disterilisasi dlm keadaan lg birahi gpp y ??apa aku kawinin dlu abis itu.bru disteril ?

    1. Hai farhana,
      Alamat IG aq “neng syera”
      Atau klo ada apa2 email aja ke nengsyera@yahoo.com

      400rb utk non subsidi termasuk murah loh,ditmpt aq kisaran 800rb keatas malahan.
      Ga papa klo pas birahi disteril,soalnya klo engga gt nti akan berisik trs minta kawin dan klo ga kita kasih nti bisa kabur2an cri pasangan sndiri *klo kucing udah hilang bisa repot loh. Oh ya efek baik dr steril kucing, buat yg jantan ga ada lg yg namanya “spraying” jd aman dh rumah dr semprotan kencing kucing. Klo blm steril bakalan nyemprot sana sini,bkin rumah bau.

  6. hi syera, Salam kenal
    terimakasih banyak, karena baca blog kamu saya jadi tahu tmpat untuk Steril Kucing yang murah. Dan saya dah menyeterilkan 2 Kucing jantan saya….kucing2 lainnya menyusul. Kucing saya ad 11 ekor, kebayang repotnya gimana, he he he
    sekali lgi makasih ya, semoga sukses n sehat selalu

    1. hai salam kenal juga ๐Ÿ™‚
      alhamdulillah semakin banyak yg mengerti pentingnya steril kucing yaah.

      klo ga disteril kita kerepotan apalagi klo masuk musim kawin dan kucing jantan suka spraying sana sini klo blm steril.

      banyak juga kucingnya sampai 11 hehehe
      saya dulu juga banyak tpi sekarang sisa 5 ekor saja. ๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

