Diposkan pada Uncategorized

Pemberian Nama Anak

apalah arti sebuah nama

Kalo engga salah shakespeare yang bilang kya gitu yah?!
Jadi barusan tadi saya ngobrol-ngobrol dengan teman-teman di kantor soal nama anak.
Diawali pembicaraan nama panjang pacarnya teman saya yang menggunakan nama tokoh pewayangan jawa,mulai kaka sampai adik ya namanya dari lima pandawa gitu.
Terus teman saya cerita kalau calon adik iparnya ini namanya Bima. “Iya namanya Bima,udah gitu badanya besar. Persis kya gambaran tokoh wayang Bima yang emang berperawakan besar”. Teman saya yang lainnya juga menimpali bahwa nama anaknya yang kebetulan juga sama bernama Bima,bahwa badan anaknya juga besar.
Pembicaraan pun mengarah ke topik nama anak. Teman suaminya supervisor saya ada yang memberi nama anak dengan nama yang “nyeleneh”. Nama anak perempuannya “Geulis Wis Ngerti”. Entah apa yang dipikiran sang ayah (teman suaminya spv saya) saat memberikan nama tersebut ke anak perempuannya. Sampai-sampai Spv saya bilang “apa ga kasian dengan anaknya nanti. Kok nama saya aneh?!”.
Nama adalah doa. Banyak yang bilang seperti itu,makanya banyak juga para orang tua ga mau sembarangan kasih nama.
Ada yang bilang kalau kasih nama jangan “keberatan” nanti engga cocok terus sakit-sakitan. Saya ada beberapa kali memperhatikan susunan nama teman saya termasuk keluarganya.
Teman saya punya inisial nama depan huruf “D” dan kesemua sodaranya baik kaka atau pun adiknya diawali dengan huruf yang sama yaitu huruf “D”.
Ada juga cerita mantan rekan kantor saya tentang namanya dan nama sodara lainnya. Nama teman saya itu “Yohana” lalu dia punya dua adik,perempuan. Kedua adiknya Dinamain oleh orang tuanya “Yoan” dan “Yoana” dengan akhiran nama keluarga yang sama. Kata teman saya “iya jadi ortu aku kasih nama ga jauh-jauh. Hahaha cuma kasih tambah atau kasih hilang huruf aja”.
Pemberian nama biasanya pun jadi hak otoritas orang tuanya,tapi engga menutup kemungkinan kakek atau neneknya ikut berperan.
Saya bersyukur nama saya engga aneh-aneh tapi alhamdulillah engga “pasaran” juga.
Di kontak hp saya,saya punya nama teman yang sama lebih dari dua. Nama “Adit” dan “Putri” sehingga membuat saya harus menambahkan embel-embel nama belakang.
Mungkin karena zaman dulu ide pemberian nama belum begitu berkembang seperti sekarang.
Kalau dulu pemberian nama mungkin hanya berdasarkan “suka” atau karena suatu peristiwa. Contohnya teman kantor ibunya teman saya dinamain “Duka” karena katanya saat beliau lahir sedang masa berduka gitu.
Kalau cerita tentang banyaknya orang tua yang “nyeleneh” kasih nama anak seperti ini,rasanya teori apalah ari sebuah nama udah engga berlaku lagi.
Kasian dong kalau nama anaknya aneh-aneh bisa-bisa dibully karena nama.
Jadi inget waktu saya kecil,saya paling takut nama ortu saya diketahui teman saya. Saya takut nama ortu saya dibully hahaha padahal nama ortu saya masih termasuk normal.

Penulis:

Miss dramaqueen

10 tanggapan untuk “Pemberian Nama Anak

    1. ga susah sih
      rata2 ortu kasih nama maunya yang unik dan ga pasaran. tapi jangan sampe melupakan aspek estetika dan jangan sampe bikin si anak kelak malu atau malah susah pas mau nulis ejaan namanya sendiri.hehe

    1. Emaaaang jaman dulu emg ngehits bgt ngebully nama tmn atau nama ortu tmn.
      Aq dulu dibully dg nama “serokan” pdhl namanku kan “syera” hiks trs kedengerannya “sera” dan diplesetin jadi “serokan” atau “serakah””

  1. Orang manado suka kasih nama seperti orang terkenal seperti Lady Diana,George Washington, John Kennedy, dll
    Kalau orang jawa kadang kasih nama seperti barang yg dilihat pas lahiran, ada yg namanya Lilin,

    1. Iya,biasanya nama2 orang manado keren2 hehehe kya nama bule.
      Btw itu bnrn ada yg dikasih nama lilin?! Errggh ga kebayang klo dibully sm tmnnya gara2 nama kya gt

Tinggalkan Balasan

