Jadi Kapan?!

IMG_0397.JPG

Hari ini saya berulang tahun yang ke 26.
Alhamdulillah saya diberi kesehatan hingga seusia sekarang, tetap bisa tersenyum,menikmati usia lajang tanpa jadi jalang,lho?! Tetap semangat lah intinya.

Hampir dari semua ucapan dan doa-doa dari orang tua, adik dan rekan kerja, semua mendoakan urusan jodoh saya. “semoga cepat bertemu jodoh”,”semoga cepat menikah” yang pastinya saya Amiiin kan dengan kencang. Hehe

Tapi bicara soal “jodoh” saya yang belum menampakkan dirinya, saya barusan dapat PM via fesbuk dari salah satu teman saya. Kebetulan dia temannya sarwo.
Diawali basa-basi biasa lama-lama saya koq merasa pembicaraan kami jadi Basi.
Kenapa?!
Jadi ketika orang tersebut mulai “kepo” dengan bilang “yah sepi dong ya ulang tahun ga ada pacar” yang kemudian saya jawab “saya engga merasa sepi,masih ada ortu,adek dan teman-teman saya yg mendoakan saya”. Dan kemudian dia nanya gini “jadi kapan dong ketemu jodohnya”.

Entah kenapa saya mulai bete dengan pertanyaan tersebut. Bete bukan karena posisi saya yang sedang sendiri saat ulang tahun. Bukan itu.
Saya bete dengan pertanyaan “kapan ketemu jodohnya?!”
Heloooo siapa sih yang engga mau cepat menikah dan punya keluarga saat usia udah cukup matang berumah tangga. Terutama wanita seperti saya yang mulai beranjak diatas 25 tahun,udah pasti kan ya usaha.
Banyakin teman atau banyakin PDKT terus tiap pacaran mencoba serius dengan sama-sama bicara masa depan ya tapi Kalau Tuhan belum restu, saya mau berbuat apa?! Protes ke Tuhan?! Ya engga lah,karena saya tau Tuhan kadang perlu mematahkan hati saya agar saya terhindar dari orang yang “salah”.
Bagi saya pertanyaan “kapan ketemu jodoh” atau “kapan menikah” untuk orang yang sedang sendiri,saya rasa bukan pertanyaan yang tepat. Saya lebih respek didoakan “semoga cpt bertemu” atau “semoga cepat menikah”. Saya malah merasa orang yang bertanya dengan pertAnyaan seperti itu adalah pertanyaan yang bodoh.
Jadwal bertemu jodoh itu sudah hak Tuhan yang menentukan. Manusia cuma berusaha dan usahanya pun ga perlu kan ya woro-woro ke orang lain dengan bilang “iya saya kan udah usaha bla bla bla”. Engga perlu. Karena semua udah ada waktunya masing-masing. Tanpa perlu mereka tahu betapa kerasnya usaha orang-orang single seperti saya untuk urusan jodoh ini. Jadi, masih kah ada orang yang “iseng” nanya kapan waktunya?!
Ya saya juga kan engga tau kapan.
Pertanyaan kayak gitu lebih pantas dilampirkan ke pasangan yang lama pacaran tapi belum menikah. Karena udah jelas mereka punya pasangan.
Pertanyaan “jadi kapan?!” Juga engga pantas ditanyakan kepada pasangan yang sudah menikah tapi belum punya anak, ya mana lah kita tahu usaha mereka seperti apa dalam mendapatkan anak. Iya kan?! Semua waktu yang tepat itu hak preogatif Tuhan,bukan manusia. Manusia hanya berusaha dan penonton cukup mendoakan saja,ga perlu usil nanya “kapan waktunya”.
Oh please rasanya etika nanya “kapan waktunya” ke orang-orang single seperti saya perlu diajarkan ke orang yang ga ngerti etika bertanya pertanyaan pribadi ke orang lain.
Pengen deh ya kasarnya saya bilang “it’s not your bussiness!!”.
Harusnya sih mereka tahu bahwa ada hal-hal yang sebaiknya ga perlu ditanyakan ke manusia karena manusia pun hanya bisa pasrah dan usaha. Karena pertanyaan itu urusan pribadi,bukan orang lain. Ga perlu banyak tanya. Cukup doakan atau bantu cari jalan keluar 🙂

34 thoughts on “Jadi Kapan?!

                1. Ohh bgtu.
                  Makanya dr kmrin2 saya coba buka linknya ga bisa trus pdhl akun wordpress lainnya bs saya klik linknya.
                  Linknya: erditya.wordpress.com kan?

  1. selamat ya neng………..dinikmatin aja semua prosesnya say, akan indah pada saatnya..semoga di tahun ini atau tahun depan ketemu sang pujaan hatimu ya…………….

      1. serius nanti dirimu akan rasakan saat setelah nikah ada episode nya lagi………
        lebih seru dan banyak drama juga,,,,,,,,,,,,,,,,
        drama kumbara lol

          1. ihh kalo nikah sama wna yaa dramanya banyak romantis campur drama korea penuh air mata kadang juga ….jangan salah..campur campur lah…….alias ribet.com

  2. Syeraaaa welcome to the 26 club ya…
    Pertanyaan ini juga saya sering kena lho, jadi kapan? tunggu apalagi? kasian ortu makin tua lho mau nimang cucu (lah dia kenal ortu saya aja nggak) hahahaha. Ayo sama2 ngelus dada bareng2 deh, males banget sama pertanyaan2 kepo kek gini… mana serba salah ya kalo dijawab kasar juga gak bener 😦

    1. Iya bneeeer banget. Mau jawab kasar salah,jawab halus malah ngelunjak dg pertanyaan2 berikutnya.
      Ihhh pengen diremet2 yah rasanya.
      Pdhl masalah kapan timingnya kan hanya Tuhan yg tau,iya kan?!
      Lucunya lagi,ortu kita aja ga ribet koq.yg ada malah suruh jgn buru2 pilih pasangan,supaya ga salah

      1. Iya bener nyokap aja bilang harus pasti dulu baru merit. Temen gw skrg lg dilema, pacaran n udh tunangan (5 tahun) trs tiba2 cowoknya bilang ga happy… cowoknya cerita sih sm gw kenapa dia gak happy. Menurut gw emg gak cocok aja tp salahnya ada org ketiga… nah lho… makanya lamanya pacaran + umur mah gak menjamin kawinnya pasti jadi yah yang penting faktor kecocokan

        1. Hahh?ga happy?!
          Errghh ngeri juga ya?mana dh tunangan. Kya drama korea jalan ceritanya.
          Bener juga koq klo tunangan atau lamaran juga engga jamin jadi.
          Temen aq sndiri jg ngalamin.
          Pacaran 2 th,tunangan sm lamaran gt eh trs pasangannya selingkuh,endingnya dlm htungan bln tunangannya itu nikah sm selingkuhannya.
          Untungnya tmn saya msih bs survive. Ga smp stress gara2 hal ini

          1. Iya emang sih mrk kyny udh pacaran lama n sekarang si cowo ketemu cewe lain yang sifatnya klop sama dia, dia br sadar kl sm cewe ini gak gt cocok2 amat. Pas dia curhat ya gw manggut2 aja krn emg masuk akal sih dr sisi dia. Jeleknya ada WIL sih… si ceweknya ini belom tau. Gak mungkin juga kan gw ngomong *dilema*

            1. Ahhh i feel you,mar!
              Aq pernah kya gt koq
              Punya dua org tmn baik,mrka pcrn slama 5 tahun.
              Trs yg cwe selingkuh sm cwo lain trs selingkuhannya itu jg pny pcr dan pcrnya itu tetanggan am aq.
              Dan cwonya tmnqu akhinya tau cwenya selingkuh dan aq disalahin ktanya knp ga cegah cwenya utk selingkuh sm cwo lain.lhaaaa kok jadi saya yg salah?!
              Endingnya si cwe putus am cwonya dan ga jadi jg sm selingkuhannya dan skrg udh nikah sm org lain.
              Selingkuhannya jg putus sm pcrnya,ga jdi nikah juga
              Cwo yg diselingkuhin akhirnya jadian sm org lain.
              Kalo inget dulu paaait banget diantara org2 kya gt. Yg pcrn siapa,yg selingkuh siapa,yg puyeng kita.
              Lingkaran setan jadinya hehe

  3. Cemamat uyangtahun kakak Syeraaaa hihihi semoga panjang umur dan segera ketemu jodohnya Amiiinnnn 😀
    Aku lebih seneng doain biar kakak sehat2 terus sih, tp template dr atas biar dapat jodoh sepertinya juga perlu hehehe 😆

  4. tantangan buat yang usianya dusah diatas 23/25, biasanya ditanya “jadi kapan”..
    biasanya orang siap2 kebal dengan pertanyaan macam gitu dan berusaha menjawabnya dengan senyum hehe..

    salam kenal

Tinggalkan Balasan

