Resep : Sayur Asem Betawi Ala Syera

10567345_819968708013267_1010688144_n

Saya paling senang banget sama yang namanya Sayur asem. apalagi kalau dimakan pas siang hari, cuaca panas. semangkuk sayur asem hangat, tempe goreng, jengkol balada eh balado, ikan asin sama sambel terasi terhidang, duduk ngedeprok di lantai, wiiih……… udah pasti deh nambah berkali-kali. slruuppp #lapiler.

dulu sewaktu di Makassar, susah banget nemu sayur asem, ya abis dimana-mana coto. ga ada tuh yang buang sayur asem di jalan, hiks jadi boro-boro nemu. cium aroma semerbak asem campur terasi aja enggak.
Sayur asem ada berbagai versi yah setau saya, ada yang versi sunda juga, jawa juga ada. rata-rata warnanya merah keruh karena penggunaan kemiri di dalamnya. udah gitu kebanyakan manis 😦
akunya tak sukaaa..
sejauh ini sayur asem paling juara ya buatan emak saya atau uwak dan bibi saya yang notabene orang bekasi ASELI.
berbekal kepandaian saya dalam memasak *pasang celemek*
saya mau nulis resep sayur asem betawi bekasi ala syera resep turun temurun dari keluarga mama.

Bahan-bahan:
1 buah Labu siam, potong dadu
1/4 potong pepaya muda, potong dadu
1 mangkuk kecil nangka muda, potong dadu
1 genggam melinjo
2 buah jagung manis, bagi menjadi 4 bagian per jagung
1 buah kacang tanah yang masih ada kulitnya
kacang panjang, potong-potong
daun melinjo muda
pete cina, potong menjadi dua bagian, sisihkan.

Bumbu:
6 buah rawit merah
6 buah bawang merah
3 buah bawang putih
1/2 sdm terasi mentah.
garam
haluskan semua bumbu ini

daun salam, lengkuas geprek, 2 buah asam (asli buah asam bukan asam jawa bungkusan), penyedap rasa

cara membuat:
1. panaskan air hingga mendidih, masukkan daun salam,lengkuas, buah asam, dan bumbu yang sudah dihaluskan. biarkan 10 menit baru kemudian masukkan jagung, melinjo, kacang tanah. masak hingga melinjo empuk (patokannya itu).
2. Jika melinjo sudah empuk, ambil buah asam yang sudah direbus tadi, di mangkuk terpisah gerus buah asam bersama air mendidih. pelan-pelan kemudian tuang kembali air asemnya ke dalam kuah sayur asem. nah, ampas asemnya dibuang ya.
3. setelah itu masukkan labu siam, nangka muda, pepaya muda, masak lagi hingga mulai empuk. terakhir masukkan kacang panjang, pete cina dan daun melinjo muda. beri penyedap rasa. masak sebentar dan matikan api.
sayur asem siap dihidangkan bersama nasi dan pelengkapnya..

ahh jadi ngiler.

sekedar tips, sebenarnya sayur asem isiannya bisa macem-macem tergantung ketersediaan bahan yang ada. malah kadang mama seadanya aja cuma pake labu siam dan kacang panjang, itu aja udah nikmat banget. rasa seger dari sayur asem bercampur sambel terasi dan tempe goreng. wihhhh..mantaaap

Iklan

2 thoughts on “Resep : Sayur Asem Betawi Ala Syera

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s